Saturday, December 1, 2012

Tanggung Jawab Petugas Reservasi

Petugas reservasi harus mempunyai tugas dan tanggung jawab sebagai berikut.

1. Harus mengetahui dan mempunyai data-data akurat mengenai waktu kedatangan dan keberangkatan tamu, keadaan kamar, dan fasilitas-fasilitasnya. Kelengkapan data-data tersebut akan melancarkan kegiatan pelayanan pemesanan kamar, sehingga memberikan kenyamanan bagi tamu.

2. Harus mengerti tanggung jawab dan tugas-tugas yang menjadi bagianya. Tugas tersebut harus dilakukan sesuai prosedur yang berlaku dan tidak merugikan perusahaan. Oleh karena itu seorang petugas reservasi harus memahami langkah-langkah kerja atau prosedur kerja (job description).

3. Harus memberikan data-data akurat mengenai jumlah kamar yang kosong dan kamar yang terisi, hal ini untuk menghindari adanya over booking. Over booking adalah pemesanan kamar yang melebihi jumlah kamar yang tersedia.
Petugas reservasi tidak boleh menolak permintaan pemesanan kamar, oleh karena itu petugas harus memiliki data-data akurat mengenai keadaan kamar hotel.

4. Petugas reservasi harus mengetahui kamar yang tersedia pada hari itu serta data yang akurat mengenai status kamar sehingga dapat langsung memberikan jawaban kepada calon tamu.

5. Mengenal dan mengetahui tipe kamar dan harga tiap kamar. Hal ini digunakan sebagai dasar dalam mempromosikan jenis-jenis kamar kepada calon tamu.

6. Mempersiapkan formulir-formulir yang diperlukan dalam pelayanan pemesanan kamar.

---------
T'kirim via Nokia Email