Senin, 03 Desember 2012

Kategori Bahan Pembersih

  Peran dari obat pembersih adalah melenyapkan kotoran dari objek/permukaan benda melalui proses pencucian. Serta menjaga agar kotoran tidak terlanjur mengendap. Obat obat pembersih yang dapat menghilangkan kotoran seperti uap, sabun, dan pasir dapat dikategorikan sebagai 'cleaning agents'.
Obat-obat pembersih yang khusus (spesifik) harus dipilih untuk kebutuhan pembersihan tertentu. Campuran yang mempunyai keampuhan (daya pembersih) yang kuat belum tentu efektif untuk suatu pencucian tertentu. Memilih obat pembersih harus tepat sesuai dengan karakteristik kotoran, cleaning agents dibagi dalam 3 kategori:

1. Detergen
sabun merupakan produk deterjen yang tertua & masih merupakan bahan yang paling efektif untuk menghilangkan kotoran. Deterjen mempunyai kandunagn bahan alkalin ringan dan sangat efektif untuk melenyapkan kotoran pada lantai, dinding, dan berbagai jenis kelengkapan dan alat-alat dapur

.2. Abrasive Cleaner
terkadang kotoran melekat sangat kuat pada permukaan benda, dimana alkalin atau bahan pembersih yang berkadar asam tidak mampu untuk melenyapkan kotoran, yang dimaksud dalam kasus seperti ini adalah diperlukan bahan pembersih yang mengandung serbuk tajam seperti jenis V1M biasanya digunakan untuk mencuci alat-alat makan.

3. Acid Type Cleaner (Kandungan Asam)
dari beberapa jenis kotoran yang ada dilingkungan kita terdapat beberapa tipe kotoran yang khas, yang tidak mempan oleh bahan pembersih jenis alkalin, seperti karat yang mengendap pada barang kuningan.
Untuk membersihkanya harus menggunakan bahan pembersih yang mengandung asam.

---------
T'kirim via Nokia Email