Saturday, November 24, 2012

Tidur di Hotel Ini Dijamin Nyenyak!


KOMPAS.com - Sebuah jaringan hotel bujet di Inggris memperkenalkan sebuah alat baru yaitu pengukur keributan. Alat ini ditempatkan di koridor di 620 hotel bujet tersebar di Inggris yang dimiliki Premier Inn.   

Alat tersebut hanya satu dari beberapa inisiatif yang dilakukan Premier Inn, jaringan hotel bujet di Inggris tersebut. Pihak Premier Inn menjanjikan uang kembali jika tamu mengeluh kalau mereka tidak mendapatkan tidur yang nyenyak.

Alat tersebut akan menyala jika mencapai level desibel tertentu. Tujuannya adalah untuk menekan keluhan tamu yang berujung pada uang yang harus dikembalikan pihak perusahaan.

Pihak hotel menyebut teknologi baru tersebut dengan 'ssshhh-o-meters' yang dipasang di dinding koridor hotel. Alat ini akan beroperasi sama seperti speedometer dan akan menyala ketika suara mencapai level tertentu sehingga bisa memperingkatkan orang untuk tidak ribut.

Juru bicara Premier Inn mengatakan suara yang ribut menjadi alasan utama terbesar bagi tamu yang tak mendapatkan tidur yang nyenyak. Untuk melawan hal ini, pihak perusahaan menggunakan kaca dua lapis dan menaruh pegas pada pintu sehingga saat pintu ditutup tidak berisik.

"Ini harus dilakukan agar tamu yang ribut tidak terdengar. Mungkin terdengar menyenangkan, tetapi sebenarnya ini merupakan sebuah tantangan bisnis," kata Andy Harrison, Chief Executive Premier Inn.

Tantangan yang ia maksud adalah pihaknya menawarkan garansi uang kembali sehingga memaksa mereka untuk fokus dalam memastikan tamu mendapatkan tidur yang nyenyak. Ia menuturkan pihaknya telah bertanya kepada seluruh tim hotel untuk ide-ide bagaimana meminimalisir kebisingan.

"Kami bahkan mencoba memberikan permen kepada tamu gaduh yang datang ke resepsionis di malam hari untuk membuat mereka tidak berisik," tuturnya.

Sumber :
Editor :
I Made Asdhiana