Tuesday, November 6, 2012

Mengenal Tipe-Tipe Tamu


Berikut ini merupakan jenis-jenis tamu serta sikap yang harus diperhatikan pada saat melayani nya:

1. Tamu Pelanggan
Selalu menggunakan nama yang diberikan atau disukai oleh tamu (bila perlu dapat dilengkapi dengan sebutan titel). Perhatikan hal-hal yang menjadi kesukaan atau yang membuatnya nyaman pada saat dilayani, dan pada saat pelaksanaanya dapat diberikan pelayanan khusus yang mungkin tidak diberikan pada tamu lainya.

2. Pegawai Kantor
Suasana yang tenang biasanya merupakan pilihan utama jenis tamu ini. Hal yang penting adalah masalah waktu, para pegawai kantoran biasanya tidak memiliki banyak waktu terutama pada saat makan siang. Jika tamu jenis ini juga merupakan pelanggan atau tamu rutin, dapat diberikan layanan penyajian hidangan dengan sistem pembayaran setiap bulan.

3. Tamu Asing
tamu jenis ini akan memiliki banyak waktu untuk menikmati hidangannya, oleh karena itu perlu diperhatikan kenyamanan mereka pada saat menikmati hidangan tersebut. Akan lebih baik jika dapat ditawarkan penyajian hidangan daerah yang khas dengan disertai minuman penyerta yang tepat.

4. Tamu Ireguler
untuk tamu jenis ini tidak dibutuhkan usaha pelayanan yang dikhususkan seperti yang diberikan kepada pelanggan atau yang lainnya. Namun demikian, ada baiknya ditawarkan kepada tamu jenis ini hidangan spesial atau dish of the day.

5. Anak-anak
tamu jenis ini merupakan calon pelanggan potensial dimasa yang akan datang. Bagi anak-anak datang ke restoran merupakan pengalaman yang mengasyikan.

6. Orang cacat/invalid
perhatikan bahwa pelayanan bagi tamu jenis ini tidak dibedakan dari tamu yang lainya, untuk penempatannya sediakan ruang dan meja khusus, misalnya untuk tamu yang menggunakan kursi roda.

7. Orang tua
perhatikan pelayanan dan kesabaran. Untuk melayani tamu jenis ini memang dibutuhkan lebih banyak waktu. Dapat dibantu pada saat duduk, berdiri dari kursi atau penyimpanan mantel di penitipan pakaian. Terkadang dipesan hidangan diet, dengan porsi hidangan yang tidak terlalu besar.

8. Tamu yang datang sendirian
bagi tamu jenis ini, terutama wanita, diusahakan untuk mendapatkan tempat tersendiri dan jauh dari keramaian tamu yang datang bersama-sama/rombongan, terkecuali atas permintaan atau keinginan yang bersangkutan. Dapat disediakan koran atau majalah dan bacaan lainya.

9. Gourmets
gourmet adalah seorang yang ahli mencicipi hidangan, yang berarti juga amat memahami penyajian dan pelayanan hidangan di dunia gastronomi. Penataan penyajian dan kelengkapan lain seperti penataan meja-kursi dan peralatan makan juga akan sangat menjadikan perhatiannya. Untuk tamu jenis ini disarankan untuk dapat ditemani dan diadakan pembicaraan mengenai penyajian hidangan dan lainya.

10. Gourmands
adalah orang yang memang memiliki kegemaran menikmati hidangan, namun tidak berkecimpung di dunia gastronomi. Pelayanannya juga membutuhkan kekhususan tersendiri serta kemungkinan pelayanan yang tidak berkenan sedapat mungkin dihindari.




---------
T'kirim via Nokia Email