Sunday, April 14, 2013

Kriteria dan Jenis Menu

http://www.woknrollonline.com/menu1.jpg



Menudalam sebuah pelayanan di restoran mempunyai peranan yang sangat penting. Menu berarti hidangan makanan yang disajikan dalam suatu acara makan, baik itu makan pagi, siang, maupun malam. Menu untuk suatu jamuan makan harus sudah dipersiapkan sebelumnya. Susunan menu merupakan suatu rangkaian yang disesuaikan dengan fungsi dari makanan tersebut.

Kegunaan menu yang disajikan di restoran, adalah:

1. Menu dapat menetapkan bahan makan yang akan dibeli;
2. Menu mengatur gizi yang terkandung di dalam hidangan yang disajikan;
3. Menu mempengaruhi peralatan, fasilitas penataan dan dekorasi ruangan yang dibutuhkan;
4. Menu sebagai pedoman prosedur cost control;
5. Menu mengatur kebutuhan untuk pelayanan.

Ada beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan dalam menentukan menu yang akan disajikan.

1. Penampilan Umum
Penampilan umum sebuah menu diusahakan dapat menimbulkan kesan kepribadian yang dapat mencerminkan secara khusus jenis restoran yang bersangkutan.

 Ada beberapa komponen dari penampilan yang memengaruhi menu, antara lain:

  • Kertas menu yang bersih, sebaknya digunakan kertas yang tebal dan diberi laminating sehingga tidak mudah kotor. 
  • Bentuk, ukuran, dan warna huruf, serta tulisan yang digunakan harus mudah dibaca oleh tamu, namun tetap mengindahkan kesesuaian dengan ukuran kertas menu. 
  • Desain menu yang dapat mengikuti kecenderungan kebiasaan makan yang berlaku saat ini.
  • Menu harus berisi hidangan yang tersedia ataupun menu khusus yang disertai harganya.

2. Isi Menu
Ada beberapa faktor yang harus dipertimbangkan, yang berkaitan dengan isi menu makanan dan minuman, seperti diuraikan berikut ini.

  • Bahasa, di dalam membuat daftar menu, bahasa yang dipakai dapat menunjang pelayanan yang diberikan. Jika ingin menggunakan bahasa asing, maka bahasa terjemahan, misalnya bahasa Indonesia, sebaiknya dicantumkan. Hal ini untuk memudahkan tamu menentukan pilihan menunya.
  • Ketepatan, kesesuaian antara menu yang tertulis dengan kenyataan menu yang disajikan.
  • Penetapan harga, penetapan harga yang sangat penting untuk mencapai tujuan penjualan, penetapan harga harus dapat menutupi seluruh komponen biaya produksi, namun juga mempertimbangkan pangsa pasar dan pesaing. Artinya, harga menu harus bisa dikatakan harga yang kompetitif.

Pada umunya, jenis menu dibagi menjadi dua, yaitu menu table d'hote dan a la carte. Berikut ini beberapa ciri yang terdapat dalam menu-menu tersebut.

1. Ciri menu pada table d'hote, jenis makanannya sudah ditetapkan, menyajikan beberapa bagian menu, pilihan untuk setiap makanan terbatas, satu harga ditetapkan untuk satu kumpulan makanan, dan disajikan dalam kumpulan waktu tertentu. Jenis menu ini biasanya disajikan untuk makan pagi, makan siang, atau makan malam, dan umumnya dengan teknik penyajian seperti berikut:

  • Banquets; menu yang disajikan telah ditetapkan dengan set harga tertentu dan penyajian makanan dengan pilihan ang terbatas.
  • Buffets; jenis makanan ini biasanya disesuaikan dengan suasana atau acara yang sedang berlangsung, makanan yang disajikan, dan jenis makanan dingin dan panas yang ditempatkan di atas meja.
  • Coffe shop; mempunyai karakteristik, yakni kumpulan jenis makanan disajikan pada waktu dimulainya jam makan, seperti makan siang.

2. Menu a la carte adalah menu yang telah disertai disertai daftar harga fix per item.
Pada awalnya, susunan menu terdiri dari 13 macam makanan. Susunan ini disebut dengan menu klasik. Susunan menu klasik adalah:

1. Cold appetizer
2. Soup
3. Hot appetizer
4. Fish
5. Main course
6. Hot entree
7. Cold entree
8. Shorbet
9. Roast
10. Salad and vegetable
11. Sweet dish
12. Savory dish
13. Dessert.

Selain menu klasik, ada juga menu modern. Susunan menu modern merupakan penyederhanaan dari menu klasik menjadi enam sampai yang paling sederhana, terdiri dari tiga course.
 
1. Susunan menu enam course:
- cold appetizer
- soup
- hot appetizer
- fish entree
- main course
- dessert.

2. Susunan menu lima course:
- cold appetizer
- soup
- hot appetizer
- main course
- dessert.

3. Susunan menu empat course:
- cold appetizer
- soup
- main course
- dessert.

4. Susuna menu tiga course:
- appetizer
- main course
- dessert.

----------
Sent via iPhone