Wednesday, April 11, 2012

4 Tipe pelayanan Hotel

1. Tipe Freezer:
suatu karakteristik pelayanan yang menerapkan mutu prosedur rendah dan mutu personil rendah. PEndekatan yang digunakan adalah “masa bodoh” ditandai dengan cara kerja yang lambat, tidka konsestan, tidak terorganisir, tidak nyaman dan dimensi personal ditandai dengan tidak sensitive, dingin , tidak ramah, apatis dan tida menarik (low procedure/organite consistency/attention => customer is not important )

2. Tipe Factory
Suatu karasteristik pelayanan yang menerapkan mutu procedure tinggi sementara mutu personil rendah. Pendekatan yang digunakan adalah “Pembeli adalah barang dan siap diproses” ditandai dengan cara kerja yang tepat waktu, efisien dan seragam, sementara dimensi personil ditandai dengan tidak sensitive, tidak ramah dan tidak menarik. (High procedure but low quality service => customer is obyect/goods, ready for processing)

3. Tipe Friendly Zoo
Suatu karasteristik pelayana yang menerapkan mutu procedure rendah dan mutu personil tinggi. Pendekatan yang digunakan adalah “persahabatan bebas” ditandai dengan cara kerja yang rendah, tidak konsisten, tidak terorganisir, tidak nyaman dan dimensi personil ditandai dengan ramah, bersahabat, menarik dan simpatik. (low procedure but high quality service => customer is good friend but me service in low quality)

4. Tipe Pelayanan Bermutu
Suatu karasteristik yang menerapkan mutu procedure dan mutu personil tinggi. Pendekatan yang digunakan adalah “kami peduli dan kami layani”ditandai dengan cara kerja yang tepot waktu, efesien dan standart serta dimensi personal ditandai dengan bersahabat, ramah, menarik dan simpatik. (high procedure and high service quality => customer is king and also hest friend , me care & we serve is high quality)