Tuesday, February 5, 2013

Menyediakan Layanan Room Service

    

 Di sebuah hotel, baik itu hotel yang besar maupun hotel yang kecil, pada umumnya terdapat restoran dan bar. Di tempat itu, para tamu dapat membeli dan menikmati makanan. Selain itu ada beberapa tamu yang ingin menikmati makanan dan minuman di kamarnya sendiri. Oleh karna itu biasanya di dalam sebuah hotel ada satu bagian yang disebut room service.

     Fungsi room service, pada pokoknya, sama dan sejalan dengan restoran dan bar. Bila restoran dan bar menjual dan menyajikan makanan dan minuman di ruang khusus restoran dan bar, maka room service melayani di kamar-kamar hotel Dalam hal ini termasuk mengambil pesanan (taking order), menyiapkan dan menyajikan di kamar, serta mengambil kembali peralatan yang telah digunakan dari kamar.
Room service juga bertujuan untuk mendapatkan dan meningkatkan keuntungan (laba) hotel. Oleh karena itu, keterampilan dalam pelayanan harus ditingkatkan untuk memberikan pelayanan yang memuaskan.


Operasi Room Service 

pada umumnya, room service beroperasi selam satu hari penuh. Bagian ini siap menyajikan makanan dan minuman untuk sarapan pagi (breakfast), makan siang (lunch), dan makan malam (dinner and supper). Puncak kesibukan di room service biasanya terjadi pada waktu makan pagi.

Disamping operasi tersebut, room service juga melaksanakan tugas-tugas tertentu, misalnya:

1. Mempersiapkan buah-buahan, minuman, dan lain-lainya di kamar VIP atau kamar-kamar tertentu (president rooms).

2. Melaksanakan pesanan makan dan minum tamu (lunch boxes) untuk keperluan tamu selama berekreasi.