Sunday, February 3, 2013

5.000 Kamar Hotel Siap Tampung Peserta APEC di Bali

5.000 Kamar Hotel Siap Tampung Peserta APEC di Bali
Liputan6.com, Nusa Dua : PT Pengembangan Pariwisata Bali (Persero) telah menyiapkan lahan seluas 300 hektare di Nusa Dua, Bali untuk disulap menjadi kawasan pariwisata dengan total kamar mencapai 5.000 unit.

Hotel tersebut akan menyambut kedatangan para peserta Asia Pacific Economic Cooperation (APEC) di 2015, mengingat Indonesia ditunjuk sebagai tuan rumah dalam perhelatan akbar internasional itu.

"Sedang dibangun sekitar 13 hotel di atas lahan 300 hektare di Nusa Dua dengan total menjadi 5.000 kamar dan dimaksudkan untuk menyambut tamu APEC tiga tahun mendatang," ucap Direktur Utama PTBT, IB Wirajaya, Jumat (1/2/2013).

Hotel eksklusif itu diantaranya Nusa Dua Beach, Laguna, Grand Melia, Grand Hyatt, Ayodia dan sebagainya.

Sambung dia, kawasan ini bakal terintegrasi satu sama lain, sehingga diharapkan mampu menyedot perhatian para investor untuk ikut membangun hotel, resort maupun wahana rekreasi.

"Operatornya memang asing, tapi pemiliknya orang Indonesia. Jadi mereka menyewa lahan kita dengan harga sewa yang telah ditetapkan selama 30 tahun," pungkas Wirajaya.

Sebelumnya, BUMN bidang pariwisata ini mencatatkan jumlah kamar hotel yang berada di kawasan Nusa Dua sebanyak 4.000 unit.

"Sejak dibangun tahun 1972, kawasan pariwisata ini telah berkembang dan menyediakan 4.000 kamar hotel dari Grand Hyatt, Sheraton, Grand Melia dan lainnya dengan fasilitas lain seperti restoran dan hiburan," tandasnya.

Terakhir belum lama ini, Wirajaya menambahkan, pembangunan hotel Royal Sovitel akan melengkapi kawasan Nusa Dua sebagai kompleks pariwisata. "Hotel itu sedang tahapan konstruksi dan rencananya bakal digunakan saat Retreat pada pertemuan APEC 2015. Jadi harus sudah selesai pembangunannya berbarengan dengan renovasi bandara Ngurah Rai," tutur dia.

Wirajaya menghitung, PTBT telah menggelontorkan dana sekitar Rp 360 miliar sejak pembangunan dimulai tahun 1972. "Investasi tidak begitu banyak, hanya Rp 360 miliar di awal pengembangan kawasan dan infrastruktur," ujarnya. (Fik/Ndw)


source : http://bisnis.liputan6.com/read/501757/5000-kamar-hotel-siap-tampung-peserta-apec-di-bali