Tuesday, June 4, 2013

Macam Macam Bar

Macam-macam Bar menurut fungsinya adalah:


1.       Public Bar
Bar yang melayani penjualan minuman untuk umum. Dimana Bartendernya dapat langsung berhubungan dengan tamu sambil membuat minuman.


2.       Service Bar
Bar yang letaknya berada di belakang berdekatan dengan dapur (kitchen), serta Room Service suatu hotel, Bartendernya tidak berhubungan langsung dengan tamu, dan bar jenis ini tidak dilengkapi dengan Bar Stools.


3.       Snack Bar
Bar yang hanya menjual minuman beer dan soft drink serta menjual makanan kecil seperti hotdog, sandwich, hamburger dll.


4.       Mini Bar
Bar yang berada dalam kamar hotel dimana minuman alkoholnya dalam bentuk botol kecil yang ditata di dalam kulkas kecil yang dilengkapi dengan freezer untuk minuman seperti beer, soft drink, juice, sehingga tamu dapat mengambil sendiri. Bar ini berada dibawah tanggungjawab Housekeeping Department.


5.       Pool Bar
Bar yang berada di area kolam renang disuatu hotel (Swimming Pool). Penjualan minumannya tidak lengkap, terbatas pada beer, soft drink, juice, cocktail, juga disediakan beberapa macam snack. Untuk pelayanannya bartender dibantu oleh satu atau dua orang waiter/waitress. Gelas yang digunakan biasanya gelas plastik.


6.       Portable Bar
Bar yan dapat dipindah-pindahkan atau dibongkar pasang sesuai dengan kebutuhan. Biasanya bar tersebut berupa counter yang diberi roda atau berupa gabungan dari beberapa meja yang digabung dan diatur sehingga membentuk suatu counter. Portable Bar ini biasanya digunakan untuk special party seperti cocktail party, garden party, dll. Biasanya hanya melayani seperti softdrink, juice, beer atau jenis hi ball saja.


7.       Sanken Bar/Garden Bar
Bar yang letaknya diluar atau diruangan terbuka (Open Air) seperti; Garden (Kebun).


8.       Expresso Bar
Bar yang terdapat di pelabuhan-pelabuhan laut dan udara. Berasal dari Italia. Minuman yang disajikan disini lebih ke café atau ice cream.


9.       Private Bar
Bar yang berada/terdapat di rumah-rumah orang “The Have” atau orang berada. Minumannya tidak selengkap di Bar. Biasanya terbatas pada koleksi yang punya bar. Pelayanannya pun langsung ditangani oleh tuan rumah atau tamunya sendiri.


10.   Lounge Bar
Bar ini biasanya terdapat didalam hotel. Tempatnya luas dan memanjang ruangannya tertutup dan dilayani oleh bartender dan beberapa waiter. Sangat cocok untuk tamu yang ingin relax mendengarkan music sambil menikmati minumannya.


11.   Bar dan Restaurant
Biasanya terdapat di kota-kota, bentuk dan susunannya seperti sebuah restaurant. Bar nya terletak di sudut restaurant dilengkapi dengan hiburan untuk mengiringi tamu-tamu yang sedang makan dan minum. Penjualan minuman disini lengkap termasuk wine dan champagne.