Posts

Showing posts from March, 2012

PROSEDURE MENERIMA TAMU VIP & GROUP

PERSIAPAN SEBELUM TAMU VIP TIBA  BEBERAPA HARI SEBELUM KEDATANGAN, KAMARNYA SUDAH DITENTUKAN YANG BAIK DAN DIBERI TANDA ( DI BLOCKING)  DAFTAR TAMU VIP/ VIP NOTICE / VIP RELEASE BEBERAPA HARI SEBELUMYA HARUS SUDAH DIDISTRIBUSIKAN KE SEMUA DEPARTEMEN AGAR MASING-MASING MEMPERSIAPKAN DIRI  BEBERAPA JAM SEBELUM KEDATANGAN, FOM /ASST. FOM MELAKUKAN CHECK TERAKHIR MEMASTIKAN SEMUANYA TELAH DIPERSIAPKAN DENGAN BAIK SAAT TAMU TIBA/ KEDATANGAN  TAMU VIP DISAMBUT LANGSUNG OLEH PIMPINAN HOTEL DAN FOM, GRO  PENDAFTARAN DAN PENGANTARAN TAMU VIP DILAKUKAN LANGSUNG OLEH FOM/ GRO  PROSEDUR PENANGANNAN YANG LAIN SAMA DENGAN STANDART CHECK IN BIASANYA PROSEDURE MENERIMA TAMU GROUP SAAT TAMU TIBA/ KEDATANGAN  ROMBONGAN DITERIMA DIRUANG TUNGGU ATAU DIRUANG KHUSUS YANG TELAH DISEDIAKAN  ROMBONGAN DISAMBUT OLEH FOM/GRO ATAU WAKIL DARI PIMPINAN HOTEL YANG SEDANG BERTUGAS  LANGSUNG DISEDIAKAN WELCOME DRINK UNTUK ROMBONGAN  PIMPINAN ROMBONGAN MENGADAKAN KOORDINASI DENGAN PIHAK

HOTEL ATTITUDE

HOTEL ATTITUDE HARAPAN TAMU Tamu adalah manusia biasa yang mempunyai harapan yang berbeda, yang selalu berkembang dan tidak dapat disama-ratakan satu sama lain. Bagi pegawai hotel, kita harus melayani yang aneka ragam itu. Agar dapat memberikan pelayanan yang baik kepada setiap tamu, perhatikan hal-hal berikut: a. Tamu ingin dilayani dengan penuh sopan santun. b. Tamu ingin keramah tamahan. c. Tamu ingin mendapatkan pelayanan yang efisien. d. Tamu ingin anda tersenyum padanya. e. Tamu ingin sekelilingnya terjaga kebersihannya. f. Tamu ingin suasana yang nyaman. g. Kesan yang baik harus sudah ada pada kesempatan pertama. h. Yang semula isengpun dapat berubah menjadi sungguh-sungguh. i. Tamu mengharapkan adanya pengertian dari pegawai. j. Tamu ingin dapat dengan mudah melakukan segala sesuatu. k. Tamu mempunyai rasa ingin tahu akan banyak hal. Alm. Soesilo Soedarman, mantan Menparpostel, pernah mencanangkan Sapta Pesona Pariwisata, yang meliputi: 1. Keamanan. 2. Ketertiban. 3. Keber

BASIC OF PUBLIC RELATIONS (PR)

Public Relations (PR) bukan promosi dan bukan iklan Saya akan mengatakan pada anda bahwa saya cantik dan menarik…Iklan Ada orang lain mengatakan kepada anda bahwa saya cantik dan menarik…Promosi Anda datang dan mengatakan kepada saya, bahwa anda pernah mendengar kalau saya cantik dan menarik…Public Relations. APA ITU PUBLIC RELATIONS? Konsep pengertian tentang Public Relations tidak dapat dikatakan dengan satu definisi saja. Beberapa definisi tentang PR sebagai berikut: 1. Rhenald Kasali, 1994, dalam Manajemen Public Relations mengutip definisi John E. Marston bahwa Public Relations adalah seni untuk membuat suatu perusahaan disukai dan dihormati oleh public karyawan, konsumen, dan para penyalur. 2. Frazier Moore, 1981, mengatakan ketergantungan perusahaan akan public dan bisnis, pemerintah, serta organisasi social lain membuat kebutuhan akan fungsi manajemen khusus, dan ini dikenal sebagai Public Relations. 3. Grunig dan Hunt, 1987, memberikan definisi Public Relations sebagai

Hotel Store And Purchasing Department

 Store atau gudang , adalah suatu tempat yang berfungsi untuk menyimpan berbagai macam barang kebutuhan hotel, yang bersifat persediaan. Mekanisme dan system kerja store  Store adalah tempat penyimpanan barang persediaan, setiap outlet / dept yang memerlukan sebuah barang, maka outlet tersebut tidak harus mengadakan sendiri kebutuhannya barangnya.  Biasanya setiap outlet yang membutuhkan barang, akan menghubungi store departement untuk meminta barang-barang yang diperlukan  Dalam prosedur permintaan barang ke store, maka setiap departement harus mengisi barang – barang yang akan diminta tersebut ke dalam format Store Request ( S.R)  Jika SR tersebut sudah diisi maka SR tersebut akan diserahkan ke petugas store , dan selanjutnya petugas store akan mengeluarkan barang-barang yang diminta dari outlet berdasarkan system FIFO. Macam barang yang disimpan di store  Macam-macam barang yang disimpan didalam store biasanya tergantung dari besar kecilnya hotel. Tidak semua ho

Hotel Receptionist Skill

Image
When guests arrive at a hotel or call to make a booking, the hotel receptionist is often the first person that they speak to. It is the job of the front desk staff to make sure that the guests are taken care of and are made to feel welcome during their stay. The hotel reception staff must make sure of this, or else the guests may not return if they experience poor service. In the case of large hotels or chain hotels, they would often use an answering service to handle the booking of reservations to assist the front desk staff. What do they do? In both large and small hotels, the front desk staff would use a computer to handle guest arrivals and check out. Many hotels often have more than one person working at the front desk to assist with these tasks. A computer would also be used to assist with billing. Upon arrival, the receptionists would allocate a room to the guest and would arrange for an employee to help guests transport their luggage to their room if needed. T

Minor Operating Department (MOD)

PENGERTIAN : Minor Operating Department atau disingkat MOD, atau ada yang menyebut dengan istilah Other Operating Department ( OOD ). MOD disini yang dimaksud adalah salah satu bagian dari beberapa bagian / departemen yang ada pada sebuah hotel, yang berpotensi mendapatkan income selain dari Room dan F&B. Kita ketahui bersama bahwa organisasi sebuah hotel terdiri dari beberapa departemen sesuai besar kecilnya sebuah hotel, yang kemudian dibagi menurut revenue/ income-nya atau kemudian disebut sebagai “ REVENUE CENTER ”. Income/ revenue hotel terbesar biasanya didapatkan dari revenue Room/ Kamar FO Division dan dari Food & Beverage ( F&B ), sehingga bisa disebut sebagai Major Revenue, sedangkan Income hotel yang lain dengan kontribusi yang lebih kecil berasal dari beberapa outlet/ fasilitas hotel yang lain yang kemudian disebut sebagai Minor Revenue. Walau demikian MOD sangat penting keberadaanya di sebuah hotel, karena di MOD semua fasilitas yang diperluk

Hotel-Restaurant Carpet Cleaning & Maintenance hints

Carpet because there are beautiful, safe, comfortable, clean, sound-absorbing, insulation, etc., in addition to full room carpet outside the shop, was also widely used in restaurants, meeting rooms and other places, also because of the carpet fiber, construction, etc. different, in terms of price, the use of regional, practical aesthetics, durability, etc. are quite different. According to the different textile fiber materials, commonly used in hotels are mainly three types of carpet, that is, chemical fiber carpets, natural carpets(hotel used wool carpets), and blended carpet. Star-rated hotels in addition to a number of easy public water outside the region, generally do not lay low-grade carpet fiber. Require star-rated hotels in principle should use a higher proportion of wool fiber blend carpet. Update cycle of the carpet is generally 5-7 years, but this does not mean to neglect the maintenance of the carpet. If poor maintenance, will be different than in 2012; if

Public Area di dalam Hotel

Image
Public area berasal dari kata public dan area yang mempunyai arti masing-masing yaitu : public adalah umum dan area adalah area, kawasan, atau daerah. Jadi public area itu berarti area umum atau daerah umum, kawasan umum. Jadi area umum itu area yang dapat dilalui oleh siapa pun tanpa terkecuali. Public area section adalah salah satu bagian yang berada dalam Housekeeping department yang menangani semua urusan mengenai kebersihan, kerapian, kelengkapan, kenyamanan, semua area umum yang berpengaruh terhadap ketertarikan tamu untuk memakai jasa di dalam hotel. Public area section sangat berpengaruh besar terhadap pemasukan dan operasional kerja di dalam hotel, karena dengan adanya section ini kebersihan area yang dilalui oleh tamu tetap terjaga, dan tetap membuat tamu yang datang menjadi senang dan dapat beristirahat dengan tenang. Tempat-tempat yang dijaga kebersihannya oleh seorang public area meliputi : toilet, lobby, basement, office, dan semua area yang

Sembilan Hotel Termahal di Dunia

Image
BANYAK cara untuk menikmati masa liburan. Sejumlah orang memilih travelling ke tempat-tempat unik, sebagian lagi lebih suka menikmati keindahan pantai dan beberapa orang memilih bersantai-santai di hotel mewah sambil menikmati berbagai fasilitas berkualitas premium. Untuk menikmati segala kemewahan kelas tinggi tersebut, tentunya diperlukan biaya yang tidak sedikit. Berikut ini sembilan hotel termahal di dunia, seperti yang dikutip okezone dari DirJournal, Jumat (15/7/2011). The Penthouse Suite, Martinez Hotel, Cannes Harga per malam: Rp 155 juta Martinez Hotel memiliki terraced penthouse suite paling besar, termahal dan satu-satunya di Cote d'Azur, Cannes, Prancis. Di dalam suite ini terdapat jacuzzi, TV plasma, ratusan keping DVD, dapur, open bar dan kepala pelayan pribadi. Desain interiornya sangat mewah, bernuansa Art Deco dengan furnitur

Desain Hotel Paling Unik Di Dunia

Image
Capsule Hotel The Capsule Inn Akihabara, merupakan hotel unik yang hanya ada di Jepang, coba anda bayangkan bagaimana tinggal di semacam lorong sempit ukuran 1 x 2 meter mirip tempat penyimpanan mayat di kamar mayat, walaupun di capsul tersebut sembit namun dalamnya sungguh lengkap fasilitasnya. delingkapi kasur, TV, Radio juga Wireless LAN (Wifi) di patok dengan harga 3.700 Yen per Malam. Beberapa karyawan menggunakan hotel macam ini untuk lembur dan bekerja juga istirahan ketika mereka tidak bisa pulang kantor. Saat ini banyak pula wisatawan asing tertarik untuk mencoba tinggal di Hotel Kapsul ini. Hotel Kapsul (mirip tempat penyimpanan mayat) Vampire Hotel Propeller Island City Lodge di Berlin, hotel yang aneh dan agak menyeramkan bagaimana tidakhotel yang memiliki 31 kamar ini mirip di film-film vampire atau drakula yang sering kita saksikan, dimana kita bisa tidur dalam peti mati yang biasa di isi oleh drakula. Kamar- kamar yang adap

15 Hotel Unik, Aneh, dan Menakjubkan

Image
Traveling memang mengasyikkan. Pergi ke tempat-tempat yang eksotik dengan lanskap menakjubkan adalah pengalaman tersendiri. Bila berpergian, kamu pasti membutuhkan hotel sebagai tempat menginap. Kalau hotel megah dengan bangunan yang dibuat vertikal plus desain minimalis, tentunya biasa saja. Bagaimana dengan hotel yang unik? Misalnya, hotel yang dibuat seperti lumbung padi atau hotel dengan desain bangunan tradisional menggunakan bambu. Wow! Ini baru perjalanan yang menyenangkan. Inilah 15 hotel unik, aneh, dan menakjubkan, yang harus kamu rasakan sensasinya : 1. The Balancing Bar di Inggris Hotel ini cukup aneh karena dididirikan seperti bertengger di atas gundukan tanah dan terlihat unik karena ketidakseimbangan. The Balancing Bar yang hanya bisa disewa untuk 8 orang ini, dilengkapi dengan jendela cukup besar untuk melihat pemandangan alami di luar. Biaya : $38.90/orang 2. The Mountain Retreat Inn di China Tidak ada televisi dan telepon di sini. Deng

Concierge Job Description

Image
The job description for a concierge varies based on the type of facility where the job is held. Individuals who work as concierges are employed in the travel industry. The most common location for this type of job is at a hotel. Others may work in resorts, casinos, and on cruise ships. The primary goal of the concierge position is to ensure that guests have a pleasant experience. Job Description for Concierge Responsibilities As a concierge, you will be responsible for greeting guests, welcoming them to your facility, and assisting them throughout their stay. If you want to work as a concierge, you need to be flexible and accommodating. You have to be knowledgeable about the venue where you work and the surrounding area. You need to know what the facility can offer to to your customers in any number of special circumstances and be able to make recommendations based on their needs. A job description for a concierge may include: Communication Responsibilities: Com

Table Manners

Image
Etika makan atau Table Manners adalah aturan yang harus dilakukan saat bersantap bersama di meja makan. Etika makan diperkenalkan oleh bangsa Eropa melalui berbagai artikel menarik yang merupakan aturan standar terutama saat bersantap bersama-sama di sebuah acara resmi atau acara makan bersama di keluarga besar. Setiap negara memiliki aturan meja makan yang berbeda-beda. Namun, ada beberapa aturan dasar yang terdapat di setiap etika makan, yaitu : Makan dengan mulut yang tertutup saat mengunyah makanan Berbicara dengan volume suara yang rendah Tutupi mulut saat batuk atau bersin Jangan menyandarkan punggung di sandaran kursi Jangan menimbulkan suara saat mengunyah makanan Jangan memainkan makanan dengan peralatan makan Jangan mengejek atau memberitahu seseorang bahwa dia memiliki etika makan yang buruk Jangan bersendekap di meja makan Selalu meminta ijin ke empunya acara saat akan meninggalkan meja makan Jangan menatap mata orang lain saat dia sedang makan Jangan be