Monday, January 7, 2013

Keputusan Reservasi

Keputusan apakah menerima reservasi atau menolak adalah hal penting yang harus dilakukan oleh petugas reservasi. Setelah memeriksa kamar, petugas reservasi mempunyai 2 pilihan, yaitu menerima atau menolak reservasi. Ada beberapa alasan sebuah reservasi dari calon tamu akan ditolak oleh pihak hotel.

1. Kamar yang dipesan tidak tersedia
pihak hotel tidak dapat mengabulkan permintaan reservasi calon tamu karena kamar tidak tersedia. Permintaan tersebut dapat berupa jenis kamar, tanggal yang diminta atau fasilitas lain.

2. Kamar telah habis dipesan (fully booked)
reservasi kamar tidak dapat dipenuhi karena hotel mengalami fully booked atau kamar penuh. Biasanya hal ini terjadi pada saat musim ramai (peak season).

3. Tamu termasuk dalam daftar hitam (black listed guest)
black listed guest adalah calon tamu yang sebelumnya telah diketahui mempunyai reputasi buruk sebagai tamu pada masa lalu di hotel yang bersangkutan. Oleh karena itu, tamu dimasukkan kedalam black listed guest. Klasifikasi tamu yang dimasukkan di black listed guest adalah apabila terkait dengan masalah pembayaran rekening atau hal lain yang dianggap merugikan hotel.

Apabila sebuah reservasi ditolak, maka petugas reservasi harus kreatif memberikan alternatif pilihan kepada calon tamu. Alternatif tersebut misalnya calon tamu ditawarkan kamar lain, periode lain, masuk daftar tunggu, pindah kamar setelah satu hari kedatangan, atau menawrkan hotel lain yang sejenis.

----------