Monday, September 17, 2012

Table Setting (Mengatur Meja)

Langkah pertama dalam mengatur meja adalah melakukan cover. Cover mempunyai arti 2 macam, yaitu:

1. Berarti tamu atau jumlah tamu yang dapat ditambah dalam suatu restoran

2. Berarti semua cutlery, crockery, glassware, dan linen yang diperlukan untuk dipersiapkan diatas meja sebagai alat untuk makan bagi seorang tamu.

Jadi, laying a cover adalah istilah khas restoran yang berarti mempersiapkan atau memasang cutlery, glassware, dan linen di meja untuk keperluan tamu, sesuai dengan jenis makanan yang dihidangkan.

Table cover atau table setting dalam istilah restoran adalah menata meja. Table setting adalah serangkaian kegiatan mengatur dan melengkapi meja dengan peralatan makanan sesuai dengan jenis hidangan yang akan disajikan untuk meningkatkan efisiensi kerja pramusaji dan kenyamanan pelanggan. Table set-up adalah seperangkat peralatan yang rapi, bersih, dan siap pakai. Peralatan siap pakai terdiri dari chinaware, silverware, glassware, dan linen yang disusun di atas meja lengkap dan rapi untuk satu orang.

Jadi, dapat disimpulkan, table setting adalah rangkaian kegiatan menutup meja menggunakan peralatan yang telah siap dipakai. Sebelum melaksanakan proses menutup meja, ada beberapa peralatan pendukung yang harus dipersiapkan, yaitu:

1. Seperangkat kursi dan meja.

2. Linen, yaitu Moulton, Table Cloth, dan Napkin.

3. Silverware (peralatan dari logam, seperti sendok, garpu, dan pisau)

4. Chinaware (peralatan dari porselin, seperti cangkir, piring, mangkuk, dll.)

5. Glassware (peralatan yang terbuat dari gelas)

6. Table accessory (salt&pepper shaker, flower vase, table number, ashtray, dan sugar bowl)

---------
T'kirim via Nokia Email