Saturday, May 4, 2013

Tips Membuat Jus

1. Pilihlah buah atau sayur segar, lalu cuci atau direndam dengan air hangat selama 5 menit untuk menghindari terjadinya kontaminasi makanan yang berasal dari mikroorganisme patogen, cemaran kimia (misal, pestisida), atau cemaran fisik (misal pasir atau debu).

2. Potong buah atau sayur menjadi bagian kecil agar proses pengolahanya lebih mudah.

3. Jika ingin menambahkan air, pilih air yang sudah matang dan dalam keadaan suhu biasa (tidak panas).

4. Tambahkan es batu pada jus agar jus terasa lebih segar dan lezat.

5. Buah yang berkulit tipis dan lekat dengan daging buah sebaiknya tidak dikupas (kulitnya) karna kulit buah mengandung serat, terutama serat yang tidak larut dalam air (insoluble dietary fibre/IDF). IDF ini berperan dalam mempersingkat waktu transit makanan di kolon, mencegah kolorektal, dan menjaga kadar gula darah tetap stabil. Gunakan juicer untuk mendapatkan sari buah dan ampas secarah terpisah.

6. Gunakan gula aren, gula kelapa, atau gula batu daripada gula pasir atau madu sebagai pemanis. Ketiga gula tersebut mengandung kalsium yang tinggi.

7. Segera minum perlahan lahan. Bila ingin menyimpan dalam lemari pendingin, sebaiknya simpan dalam wadah tertutup, seperti botol, dan tidak boleh lebih dari 5 jam. Hal ini dimaksudkan agar jus masih tetap dalam keadaan segar.

8. Campur dengan sedikit jeruk, (misalnya lemon atau nipis) agar warna jus tetap cemerlang dan terasa lebih segar.

9. Buatlah jus sendiri agar lebih higienis, terjamin, ekonomis, dan dapat dikontrol komposisi bahanya.

Sumber : Sinar Harapan

----------
Sent via iPhone