Pengertian Concierge

Concierge hotel memegang peranan penting pada pelayanan tamu atau customer dalam keseharian sebuah operasional hotel. Istilah concierge berasal dari perancis, yang memiliki arti “Keeper of the keys”. Keeper disini maksudnya adalah penjaga atau pemelihara, di mana sebagai penjaga Concierge menjadi point utama kontak dengan tamu hotel yang mencari informasi dan bantuan selama mereka tinggal.
    Secara struktural posisi concierge berada dalam Front Office department, yang mana posisi concierge memiliki tugas dan tanggung jawab sendiri dalam kesehariannya. Bersama dengan front desk agent sering kali posisi Concierge menjadi wajah sebuah hotel untuk banyak tamu. Concierge section adalah yang paling pertama dan terakhir dalam memberikan pelayanan saat pertama kali tamu tiba dan saat meninggalakan hotel, dan dari sini tamu bisa memberikan penilaian mengenai pelayan yang diberikan hotel secara umum.
    Bekerja sebagai Hotel concierge memiliki arti yang mana focus kita adalah memastikan segala kebutuhan dan permintaan tamu bisa terpenuhi dan setiap tamu memiliki kenangan yang baik selama mereka tinggal. Pelayanan concierge yang diberikan tidak terbatas hanya pada pelayanan atau penyimpanan barang, lebih dari itu seorang concierge harus paham dan memiliki pengetahuan yang luas mengenai hotel dan local area di luar hotel. Tamu akan datang dan mendekati concierge dengan membawa pertanyaan, mencari saran dan berbagai macam permintaan solusi masalah.
    Berikut adalah beberapa bentuk pelayan yang disediakan oleh concierge:
  • Greeting Guest
    Guest who returns frequently to a property do so for more just its location, they want the personal touch and the concierge is the perfect one to give it to them.

  • General information and Direction, in and out of the House.
    We are well strongly must know all facilities provide by the hotel, (we will recommend good restaurant to eat, nice places to go sightseeing, where the main of the attractions within the city etc)
  • Mailing and packaging
  • Escorting guest
    Form of special attention and caring to the guest.
  • Room inspections and Showing rooms
  • Arranging Transportation.
  • Reservation
    (Restaurants, air line ticket, tour and etc.)

  • Luggage assistant.
Sebagai kesimpulan pelayan deberikan concierge section adalah sangat beragam yang pada intinya adalah untuk kepuasan tamu dan pencapaian yang baik mengenai bentuk pelayan kita ke tiap tamu.

Comments

Popular posts from this blog

Status Kepemilikan Hotel Berdasarkan Kepemilikan

Bahan-bahan dasar pencuci ( Laundry Chemicals )

Jenis Hotel Berdasarkan Perencanaan Harga Kamar (Plan)