Tata Cara Bertelepon


Sebagai orang yang bekerja di lingkungan hotel, anda harus menguasai dan sekaligus menggunakan tatacara bertelepon yang baik, yaitu sebagai berikut:


1. Jawablah panggilan telepon secepat mungkin (maksimal 3 kali dering).


2. Berilah jarak antara telepon dengan mulut kurang lebih 5 sentimeter agar suara Anda tidak terdengar terlalu keras.


3. Ucapkan dengan jelas identitas hotel Anda, seksi, dan atau nama Anda.


4. Ucapkan salam dengan penuh perhatian dan suara yang menyenangkan.


5. Dapatkan nama tamu. Mintalah penelpon untuk mengeja nama karena kadang terjadi kesalahan dalam membedakan huruf d dengan t, b dengan p, dan lain sebagainya.


6. Berbicaralah dengan jelas dan hindari menggunakan bahasa slank atau istilah-istilah yang bersifat teknis.


7. Gunakan tata bahasa yang baik dan benar sesuai bahasa yang digunakan.


8. Curahkan perhatian sepenuhnya pada topik pembicaraan.


9. Tersenyumlah pada saat bertelepon karna senyuman Anda akan dapat dirasakan oleh teman bicara walaupun dia tidak dapat melihat Anda secara langsung.


10. Jangan pernah membiarkan penelpon menunggu terlalu lama.


11. Jika penelpon meninggalkan pesan, pastikan pesanannya dicatat dengan akurat dan disampaikan kepada orang yang dituju.


12. Usahakan untuk selalu menyebut nama penelpon jika Anda telah mengetahui nama penelpon tersebut.


13. Selalu ingat untuk mengucapkan terimakasih dan mengucapkan selamat berpisah.


14. Berikan kesempatan kepada penelpon untuk mengucapkan selamat berpisah sebelum menutup telepon.

Comments

Popular posts from this blog

Status Kepemilikan Hotel Berdasarkan Kepemilikan

Bahan-bahan dasar pencuci ( Laundry Chemicals )

Jenis Hotel Berdasarkan Perencanaan Harga Kamar (Plan)