Kamus istilah dalam Perhotelan

Berikut adalah daftar arti istilah-istilah hotel itu :

  • Ala Carte : Cara penyajian makanan satu per satu di suatu meja, di mana setiap jenis makanan di dalam menu disajikan secara terpisah.
  • Banguet : Cara penataan suatu meja berserta makanan dan dekorasinya.
  • Buffet : penyajian makanan secara prasmanan, di mana kita bisa mengambil jenis makanan yang kita mau sendiri pada meja yang telah disediakan.
  • Boutique Hotel : jenis hotel kecil namun mewah. Hotel ini biasanya digunakan untuk orang-orang beduit yang menginginkan privasi dan kenyamanan.
  • Budget Hotel : ini merupakan kebalikan dari Boutique Hotel, yang hanya menyediakan kamar dengan fasilitas yang sederhana.
  • Check In : Waktu tamu pertama kali masuk hotel. Meskipun setiap hotel berbeda-beda, tapi biasanya sekitar jam 1 Siang.
  • Bungalow : Bangunan rumah yang disewakan yang letaknya berada jauh dari pusat keramaian.
  • Check Out Time : Batas waktu tamu hotel untuk meninggalkan hotel. Biasanya sekitar jam 12 siang. Jika lebih dari waktu yang ditentukan tamu akan dikenakan biaya tambahan lagi.
  • Late Check Out : Batas waktu yang diberikan oleh hotel atas permintaan tamu. Biasanya diberikan untuk tamu rombongan.
  • Cocktail Lounge : Tempat yang diberikan hotel untuk menikmati minuman dengan suasuana tenang.
  • Coffee Shop : Tempat untuk makan dan minum bagi tamu hotel dengan suasuana informal.
  • Concierge : Suatu area di mana para penerima tamu hotel bertugas, seperti porter (pembawa barang), bellboy (pengantar ke kamar), dan doorman (pembuka pintu hotel).
  • Confirmed Booking : konfirmasi tertulis dari pihak hotel bahwa pemesanan kita disetujui.
  • Corparate Rate : Tarif khusus untuk para tamu perusahaan yang sudah biasa menginap.
  • Cottage/Villa : Penginapan yang umumnya terletak di daerah yang masih asri seperti puncak.
  • Deluxe Room : Salah satu jenis kamar di atas kelas standar. Yang membedakan keduanya adalah ukuran kamar dan fasilitasnya.
  • Double Room : Kamar untuk 2 orang yang memiliki ukuran kasur yang besar.
  • English Breakfast : Sarapan pagi ala Inggris. Adapun makanan yang disajikan berupa sereal, telur, roti bakar, teh, manisan, atau kopi.
  • Extra Bed : Kasur tambahan, jika jumlah tamu melebihi kapasitas kasur yang telah disediakan.
  • Front Desk : Area di mana tamu hotel disambut, memberikan kunci, dan meminta informasi tertentu.
  • Homestay : Rumah penduduk yang disediakan untuk para wisatawan yang ingin menginap.
  • High Season : Periode di mana permintaan kamar meningkat sehingga tarif mahal, seperti hari libur.
  • Hostel : Penginapan untuk yang ingin berhemat, biasanya disukai untuk kalangan backpacker.
  • Housekeeping : Petugas hotel yang menjaga kebersihan dan pengelolaan kamar.
  • Guesthouse : Bangunan rumah yang disewakan untuk wisatawan dengan tarif di bawah harga hotel. Di Indonesia jenis hotel kecil seperti ini biasa disebut wisma atau mess.
  • Group Rate : Tarif khusus bagi tamu rombongan.
  • Low Season : Periode di mana permintaan kamar menurun sehingga tarif standar/murah, seperti hari masuk sekolah.  
  • Reception : Tempat untuk mendapatkan informasi dan untuk Check In.
  • Reservation : Pemesanan kamar hotel sebelum tamu menginap, baik melalui telepon maupun internet.
  • Standard Room : Kamar dengan fasilitas standar yang diberikan oleh hotel. Biasanya tanpa makan atau diskon.
  • Twin Room : Kamar yang berisi dua kasur yang terpisah.
  • Suite Room : Kamar dengan fasilitas lounge area.
  • Safe Deposit : Fasilitas yang diberikan hotel untuk menyimpan barang-barang berharga milik tamu.

Sumber : Asia Hotel Review

Comments

  1. mantap sangat dan informatif ...semoga sealalu mengembangkan terus ilmu ilmu dan dapat disharing selalu biar berguna untuk kami2 yg masih minim tentang pengertian2 ilmu perhotelan
    Ambassador Rental Makassar

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Tahap-tahap Pelayanan Makanan

Jenis Hotel Berdasarkan Perencanaan Harga Kamar (Plan)

Status Kepemilikan Hotel Berdasarkan Kepemilikan