Mengantar Tamu ke Kamar Tamu
Mengantar Tamu ke
Kamar Tamu
Pengantaran tamu VIP ke kamar
dilakukan oleh Guest Relation Officer (GRO), sedangkan tamu regular biasanya
dilakukan oleh Bellboy dengan
membawakan barang bawaan tamu. Ada juga tamu yang ke kamar terlebih dahulu,
sedangkan barang bawaan tamu diantarkan kemudian ke kamar oleh bellboy.
Pengantaran tamu VIP dilakukan
oleh GRO dengan cara mendampingi tamu menuju lokasi kamar karena tamu belum
tentu tahu dan terbiasa dengan system lokasi serta penomoran kamar hotel
tersebut. Seorang pengantar yang baik akan menanyakan keadaan tamu bagaimana
perjalanan tamu dari tempat asalnya menuju ke hotel tersebut atau hal-hal
situasional lainya yang memberikan kesenangan bagi tamu. Hal demikian dilakukan
agar memberikan kesan bahwa staf benar benar memperhatikan tamu (care of the
guest).
Ketika memasuki lift, GRO mempersilahkan tamu masuk
terlebih dahulu. Jika sudah sampai di lantai yang di tuju, tamu dipersilahkan
untuk turun atau keluar terlebih dahulu. Demikian juga ketika akan memasuki
kamar tamu. Setelah GRO menunjukan cara membuka kamar dan pintu terbuka, tamu
dipersilahkan masuk lebih dahulu kemudian GRO menyusul di belakangnya.
GRO menawarkan untuk menjelaskan
fasilitas kamar dan menjelaskan keuntungan yang dapat dinikmati oleh tamu sesuai
dengan kamar hotel yang dipilih. Setelah melakukan itu semua, GRO pamit
mengucapkan selamat istirahat kepada tamu. GRO memberikan pesan, jika tamu
sewaktu waktu memerlukan bantuan bisa menghubungi nomor tertentu yang di
tunjukkan oleh GRO.
Jika tamu tidak mau diantar
karena terburu-buru atau tamu sudah sering datang ke hotel sehingga lokasi kamar yang hendak dituju sudah
tidak asing lagi maka resepsionis tetap mengucapkan selamat istirhat, atau
semoga menikmati selama tinggal di hotel. Resepsionis memberikan kunci dalam
amplop atau kartu khusus, kupon, voucher untuk welcome drink, sarapan, maupun
diskon khusus di outlet tertentu di hotel.
Pengantaran secara khusus bisa
juga dilakukan oleh seorang General Manager atau Executive Assistant Manager.
Biasanya hal itu untuk tamu khusus atau penting seperti CEO group perusahaan
itu, owning company, VVIP, atau orang tertentu yang mempunyai kekerabatan dekat
dengan bisnis hotel tersebut. Pengantaran oleh General Manager atau EAM tetap
didampingi oleh GRO yang membawakan kunci dan berbagai voucher. Ada suatu
perkecualian untuk pengantaran yang dilakukan sendiri oleh seorang pimpinan
tanpa GRO, yaitu jika yang diantar tersebut adalah orang penting dan mempunyai
hubungan dekat dengan pimpinan itu.
Comments
Post a Comment