Penanganan Keluhan Tamu



Handling Guest Complaints

Things you have to do are:
Hal-hal yang harus dilakukan adalah:

  • LISTENING/Dengarkan
Dengarkan dengan seksama keluhan tamu tersebut, jangan pernah membantah ataupun memotong pembicaraan tamu tersebut.



  • EMPHATY/Ikut Merasakan
Posisikan diri kita sebagai tamu yang mengalami masalahnya, dengan begitu diharapkan kita bisa memperlakukan mereka sebaik-baiknya.



  • APOLOGY/Memohon Maaf
Segera memohon maaf kepada tamu dengan kata-kata yang menyesali hal itu bisa terjadi kepadanya. Jangan menyalahkan orang atau departemen lain.



  • REACT TO RESOLVE/Tindakan Perbaikan
Segera lakukan tindakan untuk memperbaiki kesalah tersebut.



  • NOTIFY/Pencatatan
Lakukan pencatatan mengenai keluhan tamu tersebut. Seperti Nama, No. Kamar, Tanggal, Apa yang dilakukan, dan Pemberi info. Laporkan hal tersebut ke atasan.

Comments

Popular posts from this blog

Status Kepemilikan Hotel Berdasarkan Kepemilikan

Bahan-bahan dasar pencuci ( Laundry Chemicals )

Jenis Hotel Berdasarkan Perencanaan Harga Kamar (Plan)