Menyediakan Layanan Room Service

    

 Di sebuah hotel, baik itu hotel yang besar maupun hotel yang kecil, pada umumnya terdapat restoran dan bar. Di tempat itu, para tamu dapat membeli dan menikmati makanan. Selain itu ada beberapa tamu yang ingin menikmati makanan dan minuman di kamarnya sendiri. Oleh karna itu biasanya di dalam sebuah hotel ada satu bagian yang disebut room service.

     Fungsi room service, pada pokoknya, sama dan sejalan dengan restoran dan bar. Bila restoran dan bar menjual dan menyajikan makanan dan minuman di ruang khusus restoran dan bar, maka room service melayani di kamar-kamar hotel Dalam hal ini termasuk mengambil pesanan (taking order), menyiapkan dan menyajikan di kamar, serta mengambil kembali peralatan yang telah digunakan dari kamar.
Room service juga bertujuan untuk mendapatkan dan meningkatkan keuntungan (laba) hotel. Oleh karena itu, keterampilan dalam pelayanan harus ditingkatkan untuk memberikan pelayanan yang memuaskan.


Operasi Room Service 

pada umumnya, room service beroperasi selam satu hari penuh. Bagian ini siap menyajikan makanan dan minuman untuk sarapan pagi (breakfast), makan siang (lunch), dan makan malam (dinner and supper). Puncak kesibukan di room service biasanya terjadi pada waktu makan pagi.

Disamping operasi tersebut, room service juga melaksanakan tugas-tugas tertentu, misalnya:

1. Mempersiapkan buah-buahan, minuman, dan lain-lainya di kamar VIP atau kamar-kamar tertentu (president rooms).

2. Melaksanakan pesanan makan dan minum tamu (lunch boxes) untuk keperluan tamu selama berekreasi.


          
       Tugas pokok room service sama seperti restoran dan bar, meliputi:

- Preparation, yaitu menyiapkan dan mengatur segala peralatan yang diperlukan, termasuk ruang kerja, serta menjaga agar segala sesuatunya siap dan cukup untuk dipakai selama beroperasi;

- Order taking, yaitu mengambil dan mencatat pesanan tamu secara tepat, baik yang langsung melalui telepon maupun yang melalui door knob menu;

- Service, yaitu menyajikan makanan dan minuman secara tepat dan benar, baik mengenai jenis dan jumlah hidangan, waktu dan nomor kamar yang memesan maupun alat yang dipergunakan;

- Clear up, yaitu mengambil serta memeriksa semua alat-alat room service yang telah digunakan untuk selanjutnya membawa ke tempat pencucian.


Bagian room service juga bekerja sama dengan kitchen (cook), bar (bartender), steward (dishwasher), housekeeping (room boy/maid), dan front office (bellboy). Terciptanya suasana kerja yang baik dan harmonis antar bagian tersebut akan meningkatkan produktifitas kerja, lebih tepat dan efisien. Pelayanan yang baik kepada tamu akan lebih menjamin kepuasan tamu sehingga meningkatkan hasil penjualan dan keuntungan hotel.

----------
Sent via Nokia Email

Comments

Popular posts from this blog

Status Kepemilikan Hotel Berdasarkan Kepemilikan

Bahan-bahan dasar pencuci ( Laundry Chemicals )

Jenis Hotel Berdasarkan Perencanaan Harga Kamar (Plan)