Di restoran, pada saat melayani makanan dan minuman harus sesuai dengan Standard Operational Procedure (SOP). Hal ini bertujuan untuk memudahkan pekerjaan karyawan. Selain itu, dapat menciptakan suasana yang akan membuat tamu menjadi nyaman dan mendapatkan apapun yang diinginkan. Berikut ini SOP general service yang harus dilakukan oleh semua bagian service baik di restoran ataupun hotel: 1. Greeting the guest ketika tamu memasuki restoran, hostess restaurant/restaurant receptionist menyambut tamu dengan ramah. Jangan lupa untuk selalu tersenyum. 2. Escorting and sitting the guest di tahap ini, bila tamu sudah memesan meja terlebih dahulu, maka tamu langsung diantar ke meja tersebut. Bila tamu belum memesan meja, maka tamu diantar ke meja yang mereka sukai. Jangan lupa untuk membantu menarik kursi ketika tamu akan duduk. 3. Pouring ice water setelah tamu duduk di meja yang telah dipesan atau di meja yang disukainya, waiters menuangkan air es ke water goblet. Proses ini dil...
Berdasarkan plan usage-nya, hotel dapat dikelompokan beberapa tipe/kategori sebagai berikut: 1. American Plan Sistem perencanaan harga kamar dimana harga kamar yang dibayarkan sudah termasuk harga kamar itu sendiri ditambah dengan harga makan (meals). American Plan dibagi menjadi dua bagian, yaitu Full American Plan (FAP) Harga kamar sudah termasuk tiga kali makan (pagi, siang dan malam). Modified American Plan (MAP) Harga kamar sudah termasuk dengan dua kali makan, dimana salah satu diantaranya harus makan pagi (breakfast), misalnya: * kamar + makan pagi + makan siang * kamar + makan pagi + makan malam. 2. Continental Plan/Bermuda Plan Continental plan adalah perencanaan harga kamar dimana harga kamar sudah termasuk dengan continental breakfast. 3. Europan Plan Tamu yang menginap hanya membayar untuk kamar saja. Keistimewaannya adalah sebagai berikut: Praktis, cara ini banyak digunakan oleh hotel-hotel. Memudahkan system billing (pembayaran saat check...
Pada saat ini terdapat 2 kepemilikan hotek yang dihubungkan dengan pengelolaanya yaitu independent hotel dan chain hotel (jaringan hotel). A. Hotel yang bediri sendiri (Idependent Hotels) Hotel jenis ini pada umumnya tidak mempunyai hubungan kepemilikan atau pada pengelolaanya tidak berinduk pada perusahaan lain, yang biasanya hotel-hotel kecil milik keluarga dan dikelola tanpa mengikuti prosedur maupun pengoperasian tertentu dari orang lain. Walaupun kebanyakannya hotel jenis ini adalah hotel-hotel kecil tetapi tidak menutup kemungkinan terdapat hotel besar dan sangat terkenal dengan berbagai predikat yang disandangnya baik nasional maupun internasional dan hotel jenis ini biasanya merupakan salah satu bidang usaha lain yang sedang dikembangkan dalam perusahaan besar dengan bisnis utama (core business) yang berbeda biasanya dikelola secara profesional. Contoh hotel nonbintang yang berlokasi di kawasan Puncak Bogor adalah Hotel Cipayung, Hotel Purnama Wisma Abdi. Masih ban...
Comments
Post a Comment