Posts

Showing posts from September, 2013

Teknik Membersihkan Langit-langit (Ceiling Cleaning)

Image
Langit-langit harus dalam keadaan bersih dari debu dan sarang laba-laba agar terhindar dari kelembaban. Peralatan yang dibutuhkan dalam proses ini adalah extension pole, dust cloth, rag/mop head, drop cloth, dan dry cloth. Prosedur yang harus dilakukan dalam membersihkan langit-langit adalah sebagai berikut: 1. Letakan drop cloth di atas lantai untuk menghindari debu dan kotoran yang jatuh di lantai. 2. Apabila ada furniture di dekat area kita, geserlah atau tutupi dengan kain. 3. Gunakan extension pole untuk membersihkan debu dan sarang laba-laba di langit-langit. 4. Gunakan dust cloth pada extension pole untuk membersihkan debu yang melekat pada langit-langit. 5. Keringkan dengan dry cloth yang diletakan pada ujung extension pole. 6. Angkat drop cloth dan buang kotoran debu. 7. Buka kembali kain penutup furniture atau kembalikan ke posisi semula.

Kesopanan (Politeness)

Image
Kesopanan adalah faktor penting dalam memberikan jasa. Perlakukan tamu maupun rekan kerja secara baik. Bantulah mereka dengan senang hati dan tulus karna setiap orang senang diperlakukan seperti itu. Ambil keputusan secara baik dan cermat menyangkut hal-hal yang ada dari sisi berlawanan agar dapat mengetahui akar permasalahannya sebelum mengambil tindakan atau keputusan. Pelajari dan berlatihlah untuk melatih diri. Jaga dan rawatlah bangunan, peralatan kerja, dan fasilitas kerja agar selalu dalam keadaan baik setiap saat. Pahamilah dengan baik setiap jenis pekerjaan yang menjadi bidang pekerjaan kita agar dapat menjalankan tugas dengan semestinya sesuai dengan standar dan prosedur yang benar. Lakukan pekerjaan secara cepat dan tepat waktu. Berikan kepuasan dan kenyamanan kepada tamu, apabila tidak bisa dilakukan sendiri, mintalah bantuan rekan sekerja atau atasan.

Jenis Laporan Reservasi

Langkah terakhir dari suatu proses pemesanan kamar adalah melengkapi laporan-laporan reservasi. Mengapa laporan reservasi sangat penting bagi hotel? Dengan adanya laporan-laporan reservasi itu maka hotel dapat memaksimalisasi tingkat penjualan kamar (room sales) dengan melakukan pengawasan yang akurat tentang Room Availability (kamar yang tersedia untuk dijual) dan Forecasting of Potential Room Sales (ramalan tentang potensi penjualan kamar di masa mendatang). Seluruh departemen yang ada di hotel juga dapat menggunakan laporan reservasi ini untuk membantu perancanaan budget dan forecast. Beberapa laporan reservasi dibuat secara harian dan ada pula yang dibuat secara mingguan atau bulanan. Tiap hotel memiliki jenis laporan reservasi yang berbeda. Hal ini sangat tergantung pada kebutuhan manajemen. Secara umum, jenis-jenis laporan tentang reservasi dapat dilihat di bawah ini. 1. Reservation Transaction Report Ringkasan tentang kegiatan reservasi di hotel yang disusun secara harian.

Teknik Membersihkan Urinoir (Urinoir Cleaning)

Image
Urinoir harus dibersihkan setiap hari dengan frekuensi minimal 3 kali sehari. Peralatan yang dibutukan dalam proses pembersihan urinoir adalah toilet bowl brush, spray bottle, dry cloth (kain pengering), dan sponge rag. Bahan pembersih yang diperlukan adalah glass cleaner. Berikut ini adalah prosedur pembersihan urinoir.  Semprot urinoir untuk membasahi urinoir bagian dalam Gunakan toilet bowl brush untuk menyikat permukaan bagian dalam urinoir. Gunakan sponge rag untuk menyikat permukaan urinoir bagian luar.  Semprot lagi bagian dalam dan bilas dengan air untuk permukaan luar. Keringkan dengan menggunakan dry cloth.