Posts

Showing posts from April, 2013

Kriteria dan Jenis Menu

Image
Menu dalam sebuah pelayanan di restoran mempunyai peranan yang sangat penting. Menu berarti hidangan makanan yang disajikan dalam suatu acara makan, baik itu makan pagi, siang, maupun malam. Menu untuk suatu jamuan makan harus sudah dipersiapkan sebelumnya. Susunan menu merupakan suatu rangkaian yang disesuaikan dengan fungsi dari makanan tersebut. Kegunaan menu yang disajikan di restoran, adalah: 1. Menu dapat menetapkan bahan makan yang akan dibeli; 2. Menu mengatur gizi yang terkandung di dalam hidangan yang disajikan; 3. Menu mempengaruhi peralatan, fasilitas penataan dan dekorasi ruangan yang dibutuhkan; 4. Menu sebagai pedoman prosedur cost control; 5. Menu mengatur kebutuhan untuk pelayanan. Ada beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan dalam menentukan menu yang akan disajikan. 1. Penampilan Umum Penampilan umum sebuah menu diusahakan dapat menimbulkan kesan kepribadian yang dapat mencerminkan secara khusus jenis restoran yang bersangkutan.  Ada beberapa ko

Desk Leaners

Image
  Desk leaners artinya adalah tamu yang senang mengajak berbicara di konter. Tamu semacam ini menjengkelakan karena tidak peduli dengan kesibukan kalian Bahkan kadang malah memonopoli kerja kalian hanya untuk meladeninya. Hal ini tentu akan membuat tamu yang lain kurang senang. Tamu semacama ini harus dilayani dengan tepat. Apabila diusir, tentu saja dia akan marah dan mungkin akan pindah ke hotel lain. Namun, apabila dibiarkan, akan mengganggu kerja kalian. Jagalah sikap kalian untuk tetap menghargainya. Sedikit demi sedikit kurangi tingkat obrolan dengan menunjukan bahwa kalian harus bekerja. Tunjukan kesibukan kalian dengan tetap ramah dan tersenyum. Atur nada dan volume suara kalian serta sikap yang wajar sedikit demi sedikit akan menyadarkan tamu tersebut tanpa harus menyakiti hatinya. Selanjutnya, kalian dapat menyesuaikan sikap kalian dengan reaksi tamu sehingga hal tersebut tidak terulang lagi. ---------- Sent via iPhone

Jenis Jenis Minuman Dalam Perjamuan Makan

Image
  D alam suatu jamuan makan resmi, selalu dihidangkan berbagai jenis minuman, baik itu minuman beralkohol maupun minuman non alkohol. Jenis-jenis minuman yang dihidangkan dalam perjamuan secara internasional yang sifatnya formal, antara lain sebagai berikut. Apperitif Minuman aperitif, atau juga before dinner drink, yaitu minuman yang disajikan sebelum hidangan utama. Jenis minuman ini harus mempunyai rasa yang tidak begitu manis, seperti port wine, sherry, vermouth, campari, martini, dan cocktail. Minuman ini dapat disajikan sebagai pendamping soup. Wine Wine merupakan jenis minuman yang disajikan sebagai pendamping hidangan utama. Jenis wine yang disajikan sangat tergantung dari jenis hidangannya.      1. White wine, disajikan sebagai pendamping hidangan utama berupa sea food (ikan, udang, kerang, dan lain-lain) dan hidangan yang mempunyai warna daging putih seperti ayam, kalkun, dan kodok.      2. Red wine , disajikan untuk mendampingi hidangan seperti spaghetti,

Hotel Legoland ketiga di dunia resmi dibuka

Image
Setelah Inggris dan Denmark, akhirnya California resmi membuka Hotel Legoland ketiga di dunia. Hotel tersebut tepatnya terletak di taman hiburan dunia Lego di Carlsbad. Berjumlah 250 kamar, Hotel Legoland menawarkan sensasi menginap di dunia Lego. Bukan cuma anak-anak, orang dewasa dari berbagai generasi pun bisa bersenang-senang di sini dengan mewujudkan fantasi mereka melalui Lego. Kamar-kamar dalam Hotel Legoland didesain sedemikian rupa, termasuk di dalamnya kamar bertema kerajaan, bajak laut, dan petualangan lainnya. Sementara itu, lobi hotel memiliki tema kastil yang menampilkan kapal bajak laut yang dikelilingi oleh parit. Semuanya, tentu saja, terbuat dari Lego. Di balik meja resepsionis, ada sekitar 6.000 figur mini dari Lego dan warna-warni bunga. Sebagaimana dilansir dari FoxNews, hotel resmi dari Lego ini juga memberi penawaran menarik bagi pengunjung yang datang di akhir pekan. Sehingga selain menginap di Legoland, mereka bisa menikmati wahana di

5 Larangan saat Tidur di Hotel

Image
  MENGINAP di hotel tentu menyenangkan dengan segala fasilitas lengkapnya. Namun, jangan terlena dengan kenyamanan yang Anda dapatkan, karena kewaspadaan tetap harus diutamakan. Ketika menginap di hotel, usahakan Anda tidak melakukan hal-hal berikut, seperti dilansir dari Smartertravel . Gunakan remote televisi Seperti banyak informasi yang beredar, remote televisi adalah salah satu sarang kuman dan bakteri di hotel. Oleh karena itu, kurangi penggunaan remote televisi untuk menjauhkan Anda dari kemungkinan gangguan kesehatan. Jangan lupa untuk membawa cairan antiseptik untuk membersihkan tangan Anda. Meningalkan barang berharga Jika Anda membawa barang berharga , misalnya perhiasan, satukan dalam satu wadah. Jangan sampai barang-barang kecil itu tercecer di kamar. Bukan tidak mungkin Anda akan melupakannya saat mengepak barang ketika akan meninggalkan hotel. Lupa memasang tanda “don’t disturb” Pasang tanda “don’t disturb” jika Anda ingin benar-benar menikmati kenyaman

"Slow Horse", Hotel Unik dan Otentik

Image
KOMPAS.com - Sebuah kota kecil bernama Piancavallo, di daerah timur laut Italia, merupakan "rumah" bagi resor ski bernama Slow Horse. Karena tidak sepanjang tahun orang-orang dapat menikmati olah raga salju ini, kota kecil tersebut hanya aktif ketika turun salju pertama dalam satu tahun. Di kota minim aktivitas dan pembangunan tersebut, hotel ini merupakan salah satu karya arsitektur unik yang tersembunyi. Bangunan ini bermain-main dengan akumulasi dan penyebaran salju. Bentuknya menggabungkan stalaktit dalam estetika musim dingin dan merupakan karya praktik arsitektur asal Italia, Elasticopa. Namun, meski tampak unik dan otentik, bangunan resor ini ternyata hasil rekonstruksi parsial dari bangunan yang sudah ada sebelumnya. Proyek tersebut berawal dari penambahan struktur satu lantai. Struktur tersebut kini menjadi pintu masuk bagi hotel dengan 37 kamar tidur dan 99 tempat tidur, serta menjadi tempat bagi kafetaria dan ruang serba guna publik dengan

Keren! Kamar Hotel Ini Bisa Dibawa ke Mana-mana

Image
Milan - Seiring perkembangan zaman, makin banyak ide traveling gila juga keren yang terwujud. Salah satunya adalah kamar hotel yang bisa dibawa ke mana-mana. Traveler pasti senang! Hotello, kamar portabel yang didesain oleh arsitek asal Italia, Antonio Scarponi. Dari CNN Travel, Rabu (3/4/2013), kamar ini terbuat dari batangan baja, tirai tembus cahaya dan kedap suara, tempat tidur, meja, lampu, dan kursi. Total luas ruangan ini adalah 4 meter persegi. Semua itu bisa dimasukkan ke dalam satu lemari berwarna merah dengan roda di bawahnya. Para pengguna bisa "membangun" kamar ini di area luas yang kosong seperti loteng, teras, ruang terbuka di kota, gudang atau barak. Konsep kamar yang benar-benar berbeda ini bisa membawa gaya baru dalam traveling. Setelah sebelumnya sudah ada beberapa gaya menginap seperti Couchsurfing dan Airbnb. Bukan tidak mungkin, traveler banyak yang tertarik dengan kamar instan seperti ini. Kamar ini rencananya akan dipamerkan pertama kali

SOP of Servicing Departure Room

Objective - To know step by step process of servicing departure rooms. Materials required - HK trolley, bathroom cleaning kit, dusters. Procedure: In case departure is announced, rush and check the minibar for any consumption. Check for any lost and found.  Ring the bell 3 times with an interval of 10 seconds announcing Housekeeping to check whether guest is still inside the room.  Park the trolley properly .   Put the door belt, switch on the master switch, draw out the curtains and update the section book.  Keep the cleaning kit in the bathroom, flush water in WC, push the water back with the brush and apply cleaning agent uniformly on the surface leaving it to react.  Keep one set of fresh bed sheet, duvet cover to check if there is any lost and found.  Roll soiled linen into a small bundle and keep on the luggage rack.  Remove all soiled bathroom linen and keep on the luggage rack.  Collect all garbage and with the soil linen go out off the r

SOP of Sevicing Occupied Room

Image
Objective - To know step by step process of servicing occupied rooms. Materials required - HK trolley, Bathroom cleaning kit, dusters. Procedure: Occupied rooms to be serviced on priority. Follow the same process as of 'making a departure room'. However certain points to be kept in mind while servicing occupied rooms are: Never work within closed doors. Always put a door belt and clean my room signage.  In case guest comes back to the room, greet him by saying Good Morning/Good Afternoon/Good Evening Mr. XYZ, while you are out, I was servicing your room sir. Shall I continue or would you like to me to come back later?  Neatly arrange all guest amenities. It is advisable to put a clean face towel or hand towel and arrange the amenities on top of it.  All shoes should be paired neatly.  - Valuables in the room should be left untouched and Loss Prevention should be informed for the same. Never change the room placement as done by the guest. Record

SOP of Servicing Vacant Room

Image
Objective - To know step by step process of servicing vacant rooms. Materials required - HK trolley, bathroom cleaning kit, dusters. Procedure: - Vacant room should be serviced at the beginning of the shift. - Ring the bell 3 times with an interval of 10 seconds announcing Housekeeping to ensure that guest had not checked in a vacant ready room. - Park the trolley properly. - Put the door belt, switch on the master switch and put insert the dummy card, draw out the curtains and update the section book. - Change the room status to dirty vacant on system. - Flush the water closet, apply bathroom cleaner, scrub the closet and leave the chemical to react with the surface. - Give morning service to the room if turn down service is given last night. - Start dusting from the main door switch plate in a clockwise or anticlockwise direction. - During the dusting check for the maintenance and room amenities. - When room dusting is over, go to bathroom for dusting and g