Thursday, March 28, 2013

Job Description of Public Relation

 
  • Responsible for hotel Brand, Positioning and Differentiation status and implementation
  • Directing hotel Visual Communications and promotion material,
  • Maintain media relationship and monitoring media exposures, advertisement and promotion
  • Enhance brand activation and marketing event.
  • Create room, food & beverages packages to implement stimulate the sales opportunity
  • Applying integrated marketing communications strategy to gain up the promotion.
  • Conduct training for staffs related on updates promotional and offers
  • Raise up innovative and creative ideas for annual calendar of events to be materialized accordingly
  • Reporting and responsible a reasonable profit and loss calculation
  • Monitoring and controlling hotel Brand Standard or Corporate Identity Manual
  • Handling E-commerce /Digital Marketing to ensure hotel online reputation through internal and external tools and resources such owned media, earned media and paid media.
  • Represent hotel to show up in every occasion and public activities
  • Joint promotion, partnership and loyalty program enhancement
  • Customer base program and updating database (guest, client, and colleagues)
  • Responsible also for hotel publication and documentation
  • Handling Search Engine Marketing (SEM) & Search Engine Optimization (SEO)
  • Directing photography and digital imaging
  • Prepare program related on public occasion to increase popularity and brand awareness
  • Authentically as a Press Contact, arrange Press Conference, Media Gathering to maintain media relationship and responsible for press releases, newsletters and joint promotion with medias.
  • Implementing the group culture and brand identity
  • maintain relationship with clients, government, community, and organizations 

Sunday, March 17, 2013

10 Hotel paling tinggi sejagat

10 Hotel paling tinggi sejagat

Pada tanggal 27 Februari lalu, Dubai resmi membuka JW Marriott Marquis Dubai yang dilaporkan sebagai hotel tertinggi dunia. Tinggi dari hotel tersebut memang mencapai 355 meter.
Namun tahukah Anda, selain di Dubai, sebenarnya banyak hotel lain yang juga tak kalah tinggi. Misalnya Ritz-Carlton di Hong Kong yang menawarkan pemandangan Pelabuhan Victoria melalui kamar di atas ketinggian 400 meter. Selain tinggi, Ritz-Carlton juga termasuk dalam salah satu jajaran hotel super mewah sejagat.
Ada pula Park Hyatt yang terletak di dalam Shanghai World Financial Center, salah satu bangunan tertinggi di dunia (492 meter) di Shanghai. Ingin tahu daftar lengkap hotel-hotel tertinggi sejagat? Simak saja langsung seperti yang dilansir dari Indiatimes berikut ini.
  1. Ritz-Carlton di gedung International Commerce Centre, Hong Kong, dengan ketinggian 484 meter dan berlokasi di lantai 102-118 dari 118 lantai.
  2. Park Hyatt di gedung Shanghai World Financial Center, Shanghai, dengan ketinggian 492 meter dan berlokasi di lantai 79-93 dari 101 lantai.
  3. St Regis di gedung KK100, Shenzhen, dengan ketinggian 442 meter dan berlokasi di lantai 75-100 dari 100 lantai.
  4. Four Seasons di gedung International Finance Center, Guangzhou, dengan ketinggian berlokasi di lantai 68-103 dari 103 lantai.
  5. Grand Hyatt di gedung Jin Mao Tower, Shanghai, dengan ketinggian 421 meter dan berlokasi di lantai 51-87 dari 88 lantai.
  6. JW Marriott Marquis Dubai dengan ketinggian 355 meter dan berlokasi di lantai 1-77 dari 77 lantai.
  7. Rose Rayhaan by Rotana di Rose Tower, Dubai, dengan ketinggian 333 meter dan berlokasi di lantai 1-72 dari 72 lantai.
  8. Splendor Kaohsiung di gedung Tuntex Sky Tower, Kaohsiung, dengan ketinggian 348 meter dan berlokasi di lantai 1-79 dari 85 lantai.
  9. InterContinental di Keangnam Hanoi Landmark Hotel, Hanoi, dengan ketinggian 336 meter dan berlokasi di lantai 62-70 dari 72 lantai.
  10. Fairmont di gedung Makkah Clock Royal Tower, Mekkah, dengan ketinggian 601 meter dan berlokasi di lantai 22-60 dari 95 lantai.

Jika diperhatikan, kebanyakan hotel tertinggi tersebut berada di Asia. Hmmm... kalau di Indonesia, kapan ya kira-kira akan dibangun hotel tertinggi sedunia?

Prosedur Check-in Untuk Tamu Individu/Perorangan



Prosedur/tahapan penanganan check in untuk tamu perorangan adalah sebagai berikut:

1. Tamu yang datang di hotel
Setelah kendaraan pengantar mereka memasuki lobby, maka akan disambut oleh seorang doorman untuk membukakan pintu, menyampaikan selamat datang dan menawarkan untuk menurunkan barang bawaanya dari bagasi mobil. Setelah ada tanda persetujuan dari tamu, doorman akan meminta bellboy untuk menurunkan barang tamu dari mobil dan disimpan di atas lugagge trolley sampai ke depan pintu utama hotel atau ada yang menempatkan barang bawaan tamu di dekat reception counter sambil menanti tamu untuk melakukan registrasi. Dengan suatu alasan bahwa tamu sering mencari barangnya, mulai dari paspor, tanda pengenal diri sampai uang serta barang penting lainnya biasanya ada di salah satu tas yang dibawakan bellboy.

2. Bellboy mengarahkan atau mengantarkan tamu ke reception counter atau front desk. Sampai di counter, tamu akan disambut oleh receptionist dengan ucapan selamat datang dan menawarkan bantuan sambil tersenyum. Setelah itu receptionist akan menanyakan apakah tamu sudah melakukan pemesanan kamar atau belum, pertanyaan selanjutnya adalah, apakah reservasi yang dilakukan itu melalui perusahaanya atau travel agent. Jika tamu menyatakan telah melakukan pemesanan kamar sebelumnya maka reception akan mencari data tentang pemesanan yang telah dibuat untuk mempercepat proses check-in.

3. Jika tamu sudah melakukan pemesanan kamar, maka petugas reception akan memastikan pemesanan kamarnya dan melihat metode pembayarannya jika pembayarannya menjadi tanggungan perusahaan maka petugas akan menanyakan surat jaminan yang berupa Guarantee Letter (GL), atau travel agent voucher.

4. Mengisi registration form dengan cara meminjam identitas tamu yang dapat berupa passport, KTP, dan SIM.

5. Menyiapakn guest card dan keycard, dan menerangkan check-out time dan beberapa fasilitas penting.

6. Memberikan breakfast coupon dan kupon lainya serta menerangkan kegunaanya.

7. Receptionist mengucapkan selamat beristirahat sebagai akhir dari registrasi.

Kantor Depan (Front Office Department)





A. Fungsi dan Peranan Kantor Depan 

Kantor depan hotel (front office) secara operasional berhubungan dengan tamu dan area kerjanya tidak jauh dari lobi, daerah yang paling ramai hilir mudik tamunya. Oleh karena itu bagian ini disebut dengan bagian front office. Kantor depan hotel merupakan salah satu bagian dari hotel yang plaing penting dalam hal mewujudkan tujuan yang akan dicapai oleh hotel. Tujuan dari kantor depan hotel adalah sebagai berikut.

1. Meningkatkan tingkat hunian kamar serta pendapatan hotel dari tahun ke tahun.
2. Meningkatkan jumlah tamu langganan.
3. Memenuhi kebutuhan dan kepuasan tamu secara baik, tepat dan cepat kepada tamu.
4. Membentuk citra hotel yang positif.

Kantor depan hotel memiliki fungsi dalam mewujudkan tujuan dari hotel. Fungsi tersebut dilakukan oleh petugas kantor depan sehari-hari, adapun fungsi-fungsi tersebut adalah sebagai berikut.

1. Menjual kamar, kegiatan yang dilakukan antara lain: menerima pemesanan kamar, melakukan pendaftaran tamu, dan memblok kamar.

2. Memberikan informasi mengenai seluruh produk, fasilitas, pelayanan dan aktivitas baik yang ada di hotel maupun diluar hotel.

3. Mengkoordinasikan kepada bagian lain yang terkait dalam rangka memenuhi keinginan tamu serta memberikan pelayanan yang maksimal.

4. Melaporkan status kamar yang terkini.

5. Mencatat, memeriksa pembayaran tamu serta menangani rekening tamu.

6. Membuat laporan yang dibutuhkan oleh hotel.

7. Memberikan pelayanan telekomunikasi untuk tamu.

8. Memberikan pelayanan barang bawaan tamu.

9. Menyelesaikan keluhan tamu.

         Selain mempunyai fungsi yang penting, front office juga berperan penting dalam hal pelayanan dan pencapaian tujuan hotel yakni memberikan pelayanan yang diharapkan oleh tamu, membentuk citra hotel, dan pendapatan yang maksimal. Peranan itu antara lain sebagai berikut.

1. Pemberi Informasi
petugas kantor depan diharapkan mampu memberikan informasi yang jelas, benar dan cepat tentang produk, fasilitas, aktivitas, pelayanan yang ada dihotel maupun diluar hotel, informasi yang diberikan tidak hanya terbatas untuk tamu tetapi informasi yang dibutuhkan oleh kolega/teman sejawat lainya.

2. Penjual (Sales Person)
petugas kantor depan diharuskan mempunyai jiwa menjual, selain dikarenakan fungsi utama menjual produk hotel, bagian ini adalah bagian yang sering berhubungan dengan tamu hotel.

3. Wakil Manajemen
petugas kantor depan dalam keadaan tertentu dapat berperan sebagai wakil manajemen untuk mengatasi/menyelesaikan masalah yang timbul di luar jam kerja manajemen.

4. Penyimpan Data
sumber data kegiatan hotel banyak berasal dari laporan yang dibuat oleh petugas kantor depan dan penyimpanan data tersebut juga dibagian kantor depan. Oleh karena itu, data yang dibuat dan disimpan harus selalu terkini sehingga manajemen dapat membuat keputusan dan kebijakan yang tepat untuk masa yang akan datang.

5. Diplomatis
petugas kantor depan pada situasi dan kondisi tertentu diharapkan mampu melakukan tindakan 
Secara diplomatis sehingga dapat menjaga hubungan yang baik dengan tamu dan pihak lain.

6. Pemecah Masalah
petugas kantor depan diharapkan dapat memecahkan masalah yang dialami oleh tamu, tak terkecuali masalah yang berasal dari departemen lain.

7. Humas 
petugas kantor depan berperan secara baik, dan aktif dalam berhubungan dengan tamu, serta masyarakat sekitar agar terjadi hubungan yang harmonis dan berdampak pada pembentukan citra hotel yang baik.




Bagian-bagian Kantor Depan
    Bagian front office department ada bermacam-macam. Banyak sedikitnya bagian di kantor depan tergantung pada beberapa aspek sebagai berikut:

1. Banyak sedikitnya pekerjaan yang ada di hotel.
2. Sistem standar hotel yang dianut.
3. Cara pembagian pekerjaan atau tugas-tugas yang ada di dalam bagian.

    Pada umumnya, bagian kantor depan terdiri dari beberapa seksi berikut ini.

1. Pemesanan Kamar (Reservation)
bagian reservation adalah bagian yang melaksanakan seluruh kegiatan yang menyangkut segala sesuatu atas pemesanan kamar hotel, baik untuk keperluan perseorangan maupun untuk kelompok (group). Tugas utamanya adalah menjawab permintaan pemesanan kamar hotel dan memproses seluruh pemesanan kamar hotel.

2. Penerimaan Tamu (Reception)
bagian reception adalah bagian yang melaksanakan seluruh kegiatan yang menyangkut tata cara dalam menyambut tamu, baik yang akan menginap maupun yang akan meninggalkan hotel. Bagian reception bertugas mencatat data pribadi tamu yang akan menginap serta mendistribusikan informasi mengenai kedatangan tamu kepada departemen yang lain.
Tugas utama dari receptionist adalah menjual kamar hotel. Oleh karena itu, pengetahuan mengenai kamar-kamar hotel merupakan kunci keberhasilan penjualan kamar. Seorang receptionist harus mengetahui tipe-tipe kamar, letaknya, kelengkapan kamar, tarif, isi kamar, serta dapat memberikan keterangan mengenai kamar yang diminta untuk tamu yang akan menginap di hotel. Rincian tugas reception adalah sebagai berikut.

- Menyambut tamu tiba.
- Memproses pendaftaran tamu.
- Mempersiapkan kedatangan tamu dan menentukan kamar untuk tamu.
- Menangani kunci kamar tamu.
- Menjawab telepon dengan cepat & ramah.
- Menangani permintaan tamu selama menginap seperti pindah kamar dan sleep out.
- Berkoordinasi dengan bagian lain untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan tamu.
- Menyelesaikan permasalahan tamu yang berhubungan dengan produk dan layanan hotel.
- Membuat laporan yang berhubungan dengan tamu dan kamar seperti laporan tingkat hunian kamar, laporan tamu yang menginap di hotel.

3. Information, keys and mail
bagian ini bertugas menangani informasi, surat-surat, dan kunci kamar hotel untuk hotel dan untuk kepentingan tamu.

4. Telephone Service
bagian ini bertugas menangani kegiatan yang menyangkut seluruh pelayanan telepon dari hotel dan ke hotel baik untuk kepentingan hotel maupun kepentingan tamu.

5. Front Office Cashier
FO Cashier bertugas melayani pembayaran rekening pada saat tamu hotel akan menyelesaikan pembayaran rekening hotel

Monday, March 11, 2013

SOP of Floor Mopping

Policy - To mop all flooring after vacuuming so as to ensure cleanliness at all times.



Procedure:

1. There are two types of mopping, wet and dry mopping.

2. Sweeping, hoovering or dry mopping is done before wet mopping. Dry mopping should be done as and when required to remove superficial dust.

3. Wet mopping is done after hoovering on all hard floors to remove any stains.

4. While mopping the area, start from the corner and come back towards main door to avoid stepping back on the mopped area. Avoid walking on the same floor because it will leave stains.

5. Wet floor signage should be placed while wet mopping for safety.

6. Clean mop and water should be used at all times. Dirty mop should not be used as it will make the floor be more dirty. Dirty water should be changed at regular intervals.

7. The mop should not be dripping wet, it should be squeezed well so that it doesn't leave any water mark.

8. The mop trolley used should not be visible in guest area.

9. A little amount of odourcontractant can be used for fragrance.

10. In case of public areas having wooden floor, dry lamello mop is used for floor mopping.

11. While using a mop head, squeeze water out from the mop refill and follow a motion of 8 design for effective result. Never bend - always stand straighly and use mop head or else it would lead to back pain.

12. The mop trolley should be scrubbed at the end of shift and the mop refill should be sent for washing.

----------
Sent via Nokia Email

Saturday, March 9, 2013

SOP Do Not Disturb Room (DND)


    The objective of the DND is to ensure guests privacy. The DND sign on the room display that the guest staying not to be disturbed at all. However at the same time to keep a proper tracking mechanism to avoid skippers and unprecendented incidents.

General Policy: All the guests room that have the DND sign on the console are not to be disturbed till the time they ask for the service, however those rooms that have been on DND from morning till 2100 hrs are called in order to check on guests safety and also to keep track on skippers.

Procedure: 

- Note down the room numbers at evening of the rooms which are on DND from morning, the rooms are to be checked on regular intervals for Clean My Room sign on console.

- But if DND still remains till 2100 hrs. The guest need to be called up in the room.

- If the guest receive the call then ask for the service and then service the room as per request.


- If the guest do not pick up the call then along with Front Office Executive and LP shift incharge enter the room to check whether the guest is in room or he/she has skipped the hotel.

- If the guest is in room then apologize for the inconvenience caused and mention to the guest that we came to check that room was on DND and everything is in order to ensure guest safety.

- If it is a skipper then the same should be mentioned in the discrepency report.

- However, if the guest was found sleeping then slowly close the door without disturbing the guest, same should be mentioned in the discrepency sheet and the log book.


NOTE: if the room is on DND no associate of any departement should enter a room or ring the door bell without the proir permission from manager, or by guest himself/herself.
Double DND room number has to be informed to mod for the day.

Penanganan Keluhan Tamu



Handling Guest Complaints

Things you have to do are:
Hal-hal yang harus dilakukan adalah:

  • LISTENING/Dengarkan
Dengarkan dengan seksama keluhan tamu tersebut, jangan pernah membantah ataupun memotong pembicaraan tamu tersebut.



  • EMPHATY/Ikut Merasakan
Posisikan diri kita sebagai tamu yang mengalami masalahnya, dengan begitu diharapkan kita bisa memperlakukan mereka sebaik-baiknya.



  • APOLOGY/Memohon Maaf
Segera memohon maaf kepada tamu dengan kata-kata yang menyesali hal itu bisa terjadi kepadanya. Jangan menyalahkan orang atau departemen lain.



  • REACT TO RESOLVE/Tindakan Perbaikan
Segera lakukan tindakan untuk memperbaiki kesalah tersebut.



  • NOTIFY/Pencatatan
Lakukan pencatatan mengenai keluhan tamu tersebut. Seperti Nama, No. Kamar, Tanggal, Apa yang dilakukan, dan Pemberi info. Laporkan hal tersebut ke atasan.

Tuesday, March 5, 2013

Inilah Hotel Tertinggi di Dunia



KOMPAS.com - Hotel tertinggi di dunia akhirnya resmi dibuka. Di mana lagi kalau bukan di Dubai, Uni Emirat Arab.

jw marriott dubai


Sepertinya Dubai terus menerus mencatat berbagai rekor "paling di dunia". Dubai menjadi rumah bagi bangunan tertinggi di dunia. Dubai juga memiliki Dubai Mall, mal terbesar di dunia. Bahkan hotel tertinggi di dunia tersebut masih di area yang sama dengan Dubai Mall.

jw marriott


 Hotel dari jaringan hotel internasional JW Marriott tersebut memiliki tinggi 1.164 kaki atau sekitar 354 meter. Ini berarti, JW Marriott Marquis Dubai hanya 88 meter lebih pendek dari Empire State Building.

JW Marriott Marquis Dubai telah dinobatkan sebagai hotel tertinggi di dunia oleh Guinness Book of World Records. Hotel ini memiliki 72 lantai, termasuk penthouse dua lantai.

Hotel tersebut terdiri dari dua menara. Fasilitas hotel antara lain sembilan restoran, bar, spa, pusat kebugaran, dan ruang pertemuan. Hotel tersebut memiliki 684 kamar dan 120 kamar tipe suite.

jw marriott restoran


Sebenarnya, pada November 2012 lalu merupakan acara soft opening JW Marriott Marquis Dubai. Namun, baru Selasa (26/2/2013) lalu pihak hotel menampilkan hotel tersebut secara resmi.

3 Hotel di Bali Masuk 10 Besar Hotel Termewah Se-Asia

imgJakarta - Tak perlu jauh-jauh pergi ke Thailand, Vietnam, atau Maladewa untuk menikmati servis hotel mewah dengan panorama indah. 3 Hotel di Indonesia masuk dalam 10 besar hotel termewah se-Asia, berdasarkan Travelers' Choice 2013 dari situs TripAdvisor.

Traveler mana yang tidak ingin menikmati keindahan alam berbalut kemewahan? Tak heran wisatawan pergi jauh-jauh ke berbagai belahan dunia untuk menikmati kedua hal ini secara bersamaan. Tapi, beruntunglah warga Indonesia, indahnya alam berbalut kemewahan itu ada di depan mata. Tak perlu jauh-jauh, Bali-lah tempatnya.

Situs pencarian travel TripAdvisor kembali mengumumkan survei tahunan Travelers' Choice, salah satu kategorinya adalah Top 25 Luxury Hotel in Asia. 3 Hotel di Indonesia, semuanya di Bali, masuk dalam ranking 10 besar. Tak hanya itu, masih ada beberapa hotel lain di Bali yang masuk dalam ranking 25 besar, mengalahkan beberapa negara seperti Thailand, Malaysia, Kamboja, bahkan Maladewa!

Dari situs TripAdvisor yang dikutip detikTravel, Senin (4/3/2013), peringkat pertama diraih oleh The Upper House di Hong Kong. Peringkat selanjutnya adalah An Lam Ninh Van Bay Villas di Nha Trang, Vietnam. Nama Nha Trang, ibukota Provinsi Khanh Hoa, tergolong awam di telinga wisatawan. Padahal inilah kota pesisir yang jadi destinasi para penyelam, karena dunia bawah airnya adalah yang terbaik di Vietnam.

Hotel pertama dari Indonesia menempati peringkat ke-3. Adalah The Samaya Bali di Seminyak, Indonesia. Ulasan dari situs tersebut mengatakan, "Kami benar-benar terpesona sejak masuk ke hotel. Kamarnya lega dan nyaman, pegawainya patuh, restoran dan makanannya enak dan teh sora menjadi favorit saya."

Jaringan hotel yang sama, The Samaya, juga menempati posisi ke-6 dari 25 hotel termewah di dunia. Kali ini adalah The Samaya Ubud, mengalahkan hotel-hotel lain di berbagai negara Asia. Sebelumnya yakni posisi ke-4 juga ditempati hotel dari Indonesia yakni The Chedi Club Tanah Gajah a GHM Hotel di Ubud, Bali. Pada posisi ke-5 ada Baros Maldives di North Male Atoll, Maladewa.

Hotel lain di Bali yang masuk dalam 25 besar hotel termewah se-Asia adalah Komaneka at Tanggayuda di Ubud, peringkat ke-12. Hotel-hotel ini mengalahkan beberapa resor lain yang tersebar di India, Maladewa, Vietnam, Malaysia, dan Kamboja. Tak ada satu pun hotel di Singapura yang masuk dalam peringkat ini.

Berikut 25 hotel termewah se-Asia versi Travelers' Choice 2013 oleh TripAdvisor:

1.The Upper House, Hong Kong, China
2. An Lam Ninh Van Bay Villas, Nha Trang, Vietnam
3. The Samaya Bali, Seminyak, Indonesia
4. The Chedi Club Tanah Gajah a GHM Hotel, Ubud, Indonesia
5. Baros Maldives, North Male Atoll, Maladewa
6. The Samaya Bali, Ubud, Indonesia
7. The Place Luxury Boutique Villas, Koh Tao, Thailand
8. Gili Lankanfushi Maldives, North Male Atoll, Maladewa
9. Four Seasons Resort Maldives at Kuda Huraa, North Male Atoll, Maladewa
10. The Oberoi Udaivilas, Udaipur, India
11. Orange County Kabini, Nagarhole National Park, India
12. Komaneka at Tanggayuda, Ubud, Bali
13. Four Seasons Hotel Hong Kong, Hong Kong
14. The Leela Palace New Delhi, New Delhi, India
15. Cocoa Island by COMO, South Male Atoll, Maladewa
16. Four Seasons Resort Maldives at Landaa Giraavaru, Baa Atoll, Maladewa
17. Hotel Tibet International, Kathmandu, Nepal
18. Lily Beach Resort & Spa, South Ari Atoll, Maladewa
19. Taj Lake Palace Udaipur, Udaipur, India
20. Heritage Suites Hotel Relais & Chateaux, Siem Reap, Kamboja
21. The Chedi Chiang Mai, a GHM Hotel, Chiang Mai, Thailand
22. The Danna Langkawi, Langkawi, Malaysia
23. Mandarin Oriental Dhara Dhevi, Chiang Mai, Thailand
24. Wildflower Hall, Shimla in the Himalayas, Mashobra, India
25. Layana Resort and Spa, Ko Lanta, Thailand


source : http://travel.detik.com/read/2013/03/04/073153/2184519/1382/3-hotel-di-bali-masuk-10-besar-hotel-termewah-se-asia?991104topnews

Hotel di Lombok Jadi Hotel Kecil Terbaik di Asia

imgJakarta - Salah satu hotel di Lombok menjadi juara dari 25 hotel kecil terbaik di Asia. Hal ini diumumkan oleh situs pencarian TripAdvisor dalam Travelers' Choice 2013. Selain itu, hotel di Bali pun menempati posisi kedua. Bangga!

Hotel kecil menjadi salah satu kategori dalam Travelers' Choice 2013. Ini adalah survei tahunan yang digelar oleh situs TripAdvisor. Hasil survenya didapat dari jutaan traveler di dunia. Hotel kecil di Indonesia menjadi pilihan yang pertama dari traveler.

Dari situs TripAdvisor yang dikutip detikTravel, Selasa (5/3/2013), The Lombok Lodge dari Lombok dan The Chedi Club Tanah Gajah a GHM Hotel dari Ubud, Bali, masing-masing menempati peringkat pertama dan kedua. Hotel-hotel tersebut menyisihkan berbagai macam hotel kecil dari Thailand, Kamboja, India, dan Sri Lanka.

Meski hotel kecil, fasilitas dan kenyamanannya jangan diragukan. Komentar para traveler di tiap hotelnya dapat menjadi referensi tersendiri bagi Anda.

The Lombok Lodge adalah hotel yang terletak di Jl Oberoi, Madena, Tanjung Lombok. Hotel ini memiliki fasilitas yang lengkap, mulai dari restoran, kolam renang, hingga internet gratis. Tak hanya itu, The Lombok Lodge juga mendapatkan penghargaan sebagai hotel dengan servis terbaik di Asia.

"Meskipun Lodge Lombok adalah sebuah hotel kecil dengan hanya sembilan suite, tapi pelayanannya sangat sempurna. Sebuah kolam renang dengan pemandangan laut di sana, sangat bagus untuk berjemur," komentar traveler asal Singapura, Linda.

The Chedi Club Tanah Gajah a GHM Hotel di Ubud, Bali, menjadi juara kedua. Letaknya di Ubud, menjanjikan ketenangan dan pemandangan hijau yang meneduhkan pandangan. Udara sejuk menjadi hal yang biasa di sini.

"Hotel ini terletak di lanskap sawah yang luas. Anda bisa melihat kolam yang indah dengan angsa dan burung-burung yang eksotis. Masyarakat Ubud juga ramah-ramah," komentar traveler asal Doha, Qatar, Nivine.

Beberapa hotel dari Bali, Bitung, dan Sumba juga mengisi daftar 25 hotel kecil terbaik di Asia. Jangan lihat dari ukuran mewah atau megahnya, hotel kecil memiliki daya tarik tersendiri bagi traveler dunia.

Berikut 25 hotel kecil terbaik di Asia:

1. The Lombok Lodge, Indonesia
2. The Chedi Club Tanah Gajah a GHM Hotel, Indonesia
3. Buckingham Place, Sri Lanka
4. Pavillon d'Orient Boutique-Hotel, Kamboja
5. The Samaya Bali, Indonesia
6. The Place Luxury Boutique Villas, Thailand
7. Komaneka at Tanggayuda, Indonesia
8. Puri Sunia Resort, Indonesia
9. Komaneka at Rasa Sayang, Indonesia
10. Heritage Suites Hotel Relais & Chateaux, Kamboja
11. Damai, Indonesia
12. Ariyasomvilla, Thailand
13. Sojourn Boutique Villas, Kamboja
14. The Privilege Floor, Kamboja
15. Old Harbour Hotel, India
16. The Baray Villa, Thailand
17. Lembeh Resort, Indonesia
18. Villa Semana, Indonesia
19. Amori Villa, Indonesia
20. Nihiwatu, Indonesia
21. Ulagalla Resort, Sri Lanka
22. Oberoi Vanyavilas, India
23. The Houben, Thailand
24. Bunwin Boutique Hotel, Kamboja
25. Palm Tree Heritage, India


http://travel.detik.com/read/2013/03/05/074956/2185676/1382/hotel-di-lombok-jadi-hotel-kecil-terbaik-di-asia?991104topnews

Friday, March 1, 2013

Inilah 6 Hotel yang Sesuai dengan Profesi Para Tamunya


Jakarta - Tidak semua hotel memiliki gaya dan selera yang sama seperti para tamunya. Beberapa hotel ini cocok dengan beberapa jenis profesi, dari pebisnis sampai fashion desainer. Yuk intip!

Beberapa tamu senang saat mendapat koran di nampan sarapannya, tapi beberapa lainnya lebih memilih majalah. Dari Huffington Post, Senin (25/2/2013) inilah hotel-hotel yang sesuai dengan profesi para tamunya:

1. Landmark Mandarin Oriental, Hong Kong

Bagi para traveler bisnis, menginap di Landmark Mandarin Oriental, Hong Kong adalah surga tersendiri. Inilah hotel terbaik bagi para profesional bisnis yang ingin berbisnis sambil jalan-jalan.

Kamarnya dilengkapi dengan perlengkapan pendukung bisnis seperti ruang kerja yang nyaman. Hotel ini juga menawarkan pinjaman laptop, ruang multiguna yang lengkap dengan barang-barang berteknologi mutakhir dan ruang makan yang berkelas. Siapa yang bisa menolak segala fasilitas yang ada di sini?

2. Les Jardins de la Villa, Prancis

Paris menjadi salah satu kota fashion dunia. Menginap di Les Jardins de la Villa di Paris, Prancis menjadi pilihan sempurna bagi Anda yang berprofesi sebagai fashion desainer.

Kamarnya penuh dengan furnitur trendi dan elegan seperti kursi berbentuk highheels dan dinding kaca yang didesain sedemikian menarik. Selain itu, ruangan juga dilengkapi barang-barang terbaru. Untuk menyenangkan diri, ada fitness centre dengan sauna dan ruang mandi ala Turki atau hammam yang bisa untuk berduaan.

3. East Hampton Art House Bed & Breakfast, AS

Seniman kerap larut dalam dunianya sendiri. Nah, East Hampton Art House Bed & Breakfast di The Hamptons, Long Island, New York, AS bisa jadi mediasi dunia para seniman. Ruang kamar yang lebih terlihat seperti studio ini memungkinkan para seniman mengeluarkan segala kreatifitasnya di sana.

Ada hasil-hasil karya yang dijual untuk umum. Ada juga studio seni pribadi yang bisa disewa. Yang tak ketinggalan, ada area terbuka yang sangat tertata, bisa mendatangkan ilham bagi para seniman yang menginap di sana.



4. Post Ranch Inn, AS

Para pecinta lingkungan akan memilih hotel yang paling bersahabat dengan alam. Salah satu hotel yang bisa jadi favorit mereka adalah Post Ranch Inn di Big Sur, California, AS. Areanya yang berada di tengah alam asri, disempurnakan dengan teknologi yang ramah lingkungan, sungguh tempat sempurna.

Bahan bangunan di sini merupakan bahan yang bisa digunakan lagi. Sumber energi dan listriknya berasal dari matahari. Yang paling dicari para tamu adalah, kamar rumah pohon yang nyaman, ramah lingkungan dan tetap terlihat keren.

5. Llyod Hotel & Cultural Embassy, Belanda

Penulis biasanya melakukan traveling untuk menemukan inspirasi. Sedangkan Llyod Hotel & Cultural Embassy di Amsterdam, Belanda menawarkan segala yang dibutuhan oleh para penulis.

Di hotel ini ada perpustakaan yang dilengkapi dengan jutaan buku dari segala macam aliran dan tahun terbit. Ada juga mesin ketik kuno yang bisa digunakan penulis yang ingin merasakan sensasi menulis dari alat yang sudah sangat jarang digunakan saat ini.

6. Apex City of London Hotel, Inggris

Tak ada yang lebih indah dari hotel yang berada di dekat tempat berbisnis atau bekerja. Apex City of London Hotel di London, Inggris berada di dekat Global Financial Centre, menjadi pilihan menginap utama para pelaku di bidang keuangan saat melancong ke London.

Hotel ini memiliki gaya yang modern, mengikuti gaya para tamunya. Para tamu yang ingin mengadakan meeting atau rapat pun tak perlu kebingungan mencari tempat karena hotel ini memiliki banyak ruang untuk keperluan seperti itu. Menariknya, banyaknya ruang meeting berbanding lurus dengan banyaknya lounge untuk bersantai.


source : http://travel.detik.com/read/2013/02/25/124818/2178775/1383/inilah-6-hotel-yang-sesuai-dengan-profesi-para-tamunya?8800041024

Gastronomi

Gastronomi
atau tata boga adalah seni, atau ilmu akan makanan yang baik (good eating). Penjelasan yang lebih singkat menyebutkan gastronomi sebagai segala sesutu yang berhubungan dengan kenikmatan dari makan dan minuman . Sumber lain menyebutkan gastronomi sebagai studi mengenai hubungan antara budaya dan makanan, di mana gastronomi mempelajari berbagai komponen budaya dengan makanan sebagai pusatnya (seni kuliner). Hubungan budaya dan gastronomi terbentuk karena gastronomi adalah produk budidaya pada kegiatan pertanian sehingga pengejawantahan warna, aroma, dan rasa dari suatu makanan dapat ditelusuri asal-usulnya dari lingkungan tempat bahan bakunya dihasilkan.

Jamuan pesta kerajaan Manchu-Han di Tao Heung Museum of Food Culture, Hong Kong—contoh budaya makanan yang menjadi subjek gastronomi.


Dua ratus tahun yang lalu, kata gastronomi pertama kali muncul di zaman modern tepatnya di Perancis pada puisi yang dikarang oleh Jacques Berchoux (1804). Kendati popularitas kata tersebut semakin meningkat sejak saat itu, gastronomi masih sulit untuk didefinisikan. Kata gastronomi berasal dari Bahasa Yunani kuno gastros yang artinya "lambung" atau "perut" dan nomos yang artinya "hukum" atau "aturan".Gastronomi meliputi studi dan apresiasi dari semua makanan dan minuman. Selain itu, gastronomi juga mencakup pengetahuan mendetail mengenai makanan dan minuman nasional dari berbagai negara besar di seluruh dunia. Peran gastronomi adalah sebagai landasan untuk memahami bagaimana makanan dan minuman digunakan dalam situasi-situasi tertentu. Melalui gastronomi dimungkinkan untuk membangun sebuah gambaran dari persamaan atau perbedaan pendekatan atau perilaku terhadap makanan dan minuman yang digunakan di berbagai negara dan budaya.



Bidang gastronomi

 

Gastronomi praktis

Bidang ini berhubungan dengan praktik dan studi dari preparasi, produksi dan penyajian dari makanan dan minuman dari berbagai negara-negara di seluruh dunia Gastronomi praktis meliputi teknik dan standar yang terlibat dalam konversi bahan mentah menjadi produk makanan yang spesifik dari segi nasional, regional, dan budaya. Para pelaku gastronomi praktis contohnya terdiri dari juru masak dan semua orang yang berhubungan dengan pelanggan termasuk pelayan. Singkatnya, konversi makanan dan minuman menjadi hidangan yang utuh merupakan spesialisasi gastronomi praktis.


Gastronomi teoretis

Para koki sebagai pelaku gastronomi praktis.
Gastronomi teoretis mendukung gastronomi praktis dengan cara mempelajari pendekatan proses, sistem, resep, buku masakan, dan tulisan lainnya . Bidang ini mendokumentasikan berbagai macam prosedur yang harus dilakukan untuk meningkatkan kesuksesan dalam mengolah suatu hidangan. Perencanaan teoretis yang harus dilalui seseorang saat memformulasikan dan menyiapkan acara, menu, hidangan dan minuman adalah bagian dari gastronomi teoretis.Fungsi gastronomi teoretis adalah sebagai sumber kreativitas yang menginspirasikan terciptanya makanan klasik dan nasional dunia selama berabad-abad.Koki serta profesional makanan dan minuman mengkombinasikan kemampuan praktis mereka dengan masukkan teoretis untuk memaksimalkan pembelajaran dan efisiensi mengolah bahan pangan.


Gastronomi teknis

Gastronomi teknis meninjau evaluasi sistematik dari hal apapun di bidang gastronomi yang membutuhkan penilaian/pengukuran. Bidang ini juga menjadi penghubung antara industri makanan skala kecil menjadi industri massal. Gastronomi teknis mencakup evaluasi dari makanan instan, instalasi baru serta evolusioner, metode produksi baru serta keahlian, dan peralatan yang dibutuhkan untuk memulai produksi. Selain itu gastronomi teknis berperan untuk mengawasi performa setiap tahapan melalui periode percobaan. Pelaku di bidang gastronomi teknis termasuk teknisi, ilmuwan makanan, spesialis operasional yang bekerja di area ini. Juru masak konsultan juga berperan di bidang ini.

Gastronomi makanan

Gastronomi makanan berhubungan dengan makanan, minuman, dan pembuatan mereka.Contohnya, gastronomi makanan mempelajari peranan dari anggur, dan minuman lain dalam hubungannya dengan makanan, yang adalah mengharmoniskan dan memaksimalkan kenikmatan yang didapatkan. Mereka yang bekerja di bidang gastronomi makanan berhubungan erat dengan perkembangan produk makanan dan minuman yang berubah seiring bergantinya waktu dan musim karena waktu menjadi salah satu pertimbangan utama pada gastronomi makanan.

Gastronomi molekuler

Gastronomi Molekuler (molecular gastronomy) adalah studi ilmiah mengenai gastronomi yang mempelajari transformasi fisiokimiawi dari bahan pangan selama proses memasak dan fenomena sensori saat mereka dikonsumsi. Ilmu ini dicirikan dengan penggunaan metode ilmiah untuk memahami dan mengendalikan perubahan molekuler, fisiokimiawi, dan struktural yang terjadi pada makanan pada tahap pembuatan dan konsumsi. Metode ilmiah yang digunakan meliputi pengamatan mendalam, pembuatan dan pengujian hipotesis, ekperimen terkontrol, objektivitas sains, dan reproduksibilitas eksperimen. Gastronomi molekuler tidak sama dengan tipe atau gaya memasak Adapun seni memasak yang didasarkan atas ilmu gastronomi molekuler disebut dengan seni memasak molekuler (molecular cooking).



Gastronomi Indonesia

 

Gastronomi Indonesia terbentuk dari perpaduan dengan budaya serta makanan dari India, Timur Tengah, Cina, dan bangsa Eropa seperti Portugis dan Belanda. Makanan pokok di Indonesia adalah nasi kecuali di Maluku dan Irian Jaya di mana sagu, kentang, dan singkong lebih umum. Seperti negara-negara di daerah Asia Tenggara, makanan lauk pauk di Indonesia disajikan lebih sedikit dibandingkan dengan makanan pokoknya. Ciri khas yang lain adalah adanya sambal yang memberi cita rasa pedas bagi kebanyakan makanan Indonesia.


Pada awalnya, budaya dan masakan India yang sangat berpengaruh di Indonesia contohnya ada pada penggunaan bumbu-bumbu seperti jinten, ketumbar, jahe, dan kare yang sering disajikan dengan santan.Setelah itu, pengaruh pedangang dari Arab pun ikut memperkaya masakan Indonesia seperti masakan sate yang terinspirasi dari masakan arab yaitu Kebab, begitu juga halnya dengan masakan yang menggunakan daging kambing.Tidak hanya pedagang Arab, para pedagang dari Cina juga membawa bahan pangan dari negara mereka seperti mi, kacang kedelai, dan berbagai macam sayuran


Kolonisasi oleh bangsa Belanda memperkenalkan cita rasa baru dan bahan pangan seperti lada yang berasal dari Meksiko, kacang dari Amerika untuk bumbu sate dan gado-gado. Singkong dari Karibia dan kentang dari Amerika Selatan. Tak hanya itu, bermcam-macam sayuran seperti kubis, kembang kol, kacang panjang, wortel, dan jagung diimpor masuk ke Indonesia sehingga menciptakan berbagai macam masakan baru[2].
Ditinjau dari segi gastronomi praktis, beberapa masakan khas Indonesia dikaitkan dengan perayaan tertentu seperti perayaan agama. Contohnya pada saat hari raya Lebaran yang dirayakan oleh umat Muslim, masakan menggunakan ketupat adalah masakan yang umum disajikan. Sementara, di saat "Selamatan", yaitu tradisi berdoa sebelum kegiatan tertentu seperti pernikahan atau membangun rumah, tumpeng atau nasi kuning yang dibentuk seperti kerucut disajikan. Pada Hari Raya Nyepi yang dirayakan umat Hindu biasanya disajikan kue kering dan manisan. Pada perayaan Hari Kemerdekaan, ada budaya untuk mengadakan lomba memakan kerupuk udang untuk anak-anak dan lomba membuat tumpeng bagi para wanita.


Tempe



Nasi Tumpeng





Gado-gado


Istilah-istilah Dalam Tata Hidangan (Gastronomi)



Al Dente
istilah Bahasa Italia untuk penyajian hidangan pasta atau sayuran yang bagian dalamnya masih renyah. Biasanya disebut juga hidangan yang 'menggigit (biting/crispy)'

Ambiente
istilah untuk penciptaan suasana suatu penyajian, dimana penyiapan dan pengolahan hidanganya menjadikan harmoni atas suatu gambaran tertentu.

Amuse Gueule
istilah Bahasa Perancis untuk pilihan hidangan pembangkit selera atau hidangan kecil yang disajikan sebelum hidangan selanjutnya, untuk dinikmati terutama menjembatani hidangan pertama ke hidangan selanjutnya. Hidangan jenis Amuse gueule ini terkadang diartikan sebagai 'hidangan kecil' serta disebut juga sebagai Amuse Buche.

Aperitif
istilah untuk jenis minuman pembangkit selera yang disajikan sebelum tibanya hidangan. Jenis minuman ini dapat merupakan minuman dry, fruity, ataupun bitter. Yang termasuk ke dalam aperitif antara lain jenis-jenis wine seperti Sherry, Portwine, dan Vermouth, juga jenis Anisettes (Pernod, Ricard), Bitter (Cynar, Campari)
dan Before- atau Pre- dinner cocktails. Selain itu dapat ditawarkan pula kepada tamu aperitif non alkohol, seperti sari buah dan sebagainya.

Bain-marie
istilah Bahasa Perancis untuk semacam, gastro-norm container, atau sebuah wadah dimana sup, saus, nasi, sayuran dan sebagainya dapat dipanaskan dengan menggunakan alat pemanas ini. Alat pemanas yang biasa digunakan dalam buffet dinamakan Chaving-dish.

Banquet
istilah untuk sebuah acara, dimana waktu dan menu makanan sudah ditetapkan terlebih dahulu.

Barbecue-party
istilah untuk semua perjamuan makan (function) dimana semua jenis daging disajikan dengan metoda pengolahan Grill (biasanya dengan menggunakan arang).

Bon
istilah yang dipakai untuk pencatatan keuangan yang biasa digunakan untuk keperluan intern saja.

Brunch
penyingkatan kata dari Bahasa Inggris Breakfast and Lunch. Brunch adalah sebuah perjamuan makan (function) dengan hidangan makan pagi lengkap yang disajikan pada waktu makan siang (sekitar pukul 11.00 - 14.00). Hidangan yang disajikan merupakan gabungan hidangan sarapan pagi dan makan siang, yang biasanya hanya diadakan pada hari Minggu atau hari-hari libur.

Buffet
istilah untuk penyajian makanan dan minuman pada sebuah meja panjang, sehingga memungkinkan tamu untuk mengambil sendiri hidangan yang diinginkan. Terdapat bermacam-macam jenis buffet berdasarkan kepentingannya. Salah satu yang paling banyak dilakukan antara lain adalah buffet breakfast.

Canapé
istilah gastronomi untuk menerangkan jenis potongan potongan roti dengan isi (filling).

Carafe
istilah Bahasa Perancis untuk sejenis botol kaca yang memiliki beberapa bagian perut botol, biasanya dengan penutup yang juga terbuat dari kaca. Digunakan untuk penyimpanan air atau wine.

Carcasse
istilah Bahasa Perancis untuk kerangka atau struktur tulang unggas dan binatang lainya.

Cash-tray
istilah untuk meja penyajian yang dilengkapi dengan peralatanya, dimana rekening tamu dari Kepala Restoran ditempatkan.

Catering
dalam dunia gastronomi, catering berarti penyediaan hidangan makanan dan minuman untuk sebuah perjamuan makan (function), baik yang dilakukan oleh perusahaan penyaji (inside catering) maupun di luar perusahaan (outside catering).

Chaving Dish
istilah untuk alat pemanas yang digunakan dalam sebuah buffet. Biasa disebut juga Bain Marie.

Chambrer
istilah untuk menerangkan ruangan berpengatur suhu sebagai tempat penyimpanan wine, terutama sekali wine yang telah berumur lama.

Cloche
istilah untuk penutup (berbentuk genta atau 'glocke') yang digunakan sebagai tudung untuk piring dan pinggan, sehingga memungkinkan hidangan tetap panas saat disajikan.

Cocktail
istilah untuk minuman yang penyajiannya dicampur dan dikocok dengan menggunakan shaker, tabung pencampur, mixer elektrik atau blender atau langsung pada gelas tamu. Istilah bar untuk cocktail antara lain adalah Before and Pre-dinner cocktails (jenis dry cocktail pembangkit selera makan), after dinner cocktails (cocktail yang disajikan setelah makan dan biasanya bersifat manis) dan Champagne atau Sect Cocktails. Salah satu trend yang cukup berkembang saat ini adalah non-alcoholic cocktails.

Couvert
istilah Bahasa Perancis untuk menerangkan biaya yang dikenakan pada setiap tamu untuk sebuah setting yang terdiri atas roti, butter dan serbet. Harga yang dikenakan harus tertera pada menu. Peralatan couvert adalah peralatan makan dasar yang terdiri dari pisau dan garpu untuk daging, piring makan, piring roti dengan pisau butter serta gelas red wine dan white wine, juga sebuah gelas wine dan gelas air.

Croûton
istilah Bahasa Perancis untuk makan siang. Dapat digunakan pula untuk mengistilahkan makan pagi (Petit déjeuner).

Décanter
istilah untuk pengisisan jenis-jenis wine dalam sebuah depot tertentu, seperti misalnya pengisian red wine yang berumur tua atau Vintage-Ports dalam sebuah tabung dekantieren, sehingga penyimpanan dalam depot seperti itu dapat dilakukan kedalam botol wine yang telah ditentukan.

Depot
istilah untuk penyimpanan wine melalui pemisahan berdasarkan kematangan dan usianya pada pengerjaan Dekantieren di atas, depot ditempatkan di dalam botol.

Digestive
istilah untuk menerangkan jenis minuman yang disajikan setelah makan untuk memperlancar pencernaan. Banyak digunakan untuk digestive antara lain adalah minuman-minuman destilasi, liqour, atau kopi dengan alkohol.

Díner, Dinner
istilah untuk makan malam.

Display Table
istilah untuk meja presentasi.

Dressing
istilah untuk Marinade

En deux
istilah untuk penyajian satu porsi hidangan dalam dua piring hidang.

En place (Á la place)
istilah untuk penempatan hidangan, dengan dibedakan oleh condiment yang disajikan.
  
En tasse
istilah untuk penyajian sup atau kopi dalam kantung.

En terrine
istilah untuk hidangan yang disajikam dengan menggunakan terrine (pinggan dan penutupnya)

Fileting
seni gastronomi dalam membersihkan dan membagi/memotong ikan dan daging atau mengupas dan memotong buah.

Fingerbowl
istilah untuk sebuah mangkuk kecil yang terbuat dari metal atau kaca berisi air panas atau dingin yang berfungsi sebagai tempat cuci tangan.

Flambée
seni gastronomi dalam menyajikan hidangan di depan tamu dengan menyalakan api diatas hidangan daging, ikan seafood, sayuran atau hidangan manis dengan bantuan minuman beralkohol/spirit.

Fondue
istilah Bahasa Perancis untuk hidangan yang diolah dalam periuk Fondue di meja tamu. Berdasarkan materi dasar hidangannya, penyajian hidangan ini dibedakan menjadi:
-Cheese fondue/Fondue fromage
-Meat fondue/Fondue bourguignonne
-Fondue chinoise/Boulili
-Chocolate fondue/Fondue suchard

Frapper
istilah untuk mendinginkan white wine atau sparkling wine secara cepat.

Friandises
istilah untuk cake kerig tanpa krem atau kue-kue kering pengiring minuman teh.

Function Sheet
istilah untuk penandaan atau penjadwalan kegiatan pelayanan perjamuan, didalamnya tercantum semua informasi serta permintaan-permintaan tamu atas sebuah kegiatan pelayanan perjamuan (function).

Gourmand
istilah untuk tamu tertentu atau sekelompok tamu yang banyak makan.

Gourmandise
istilah untuk makanan kecil lunak yang terbuat dari terigu dengan isi (filling) yang gurih. Biasanya disajikan sebagai makanan pendamping bagi sup-sup tertentu.

Gourmet
istilah untuk seorang ahli mencicipi hidangan.

Gratinating (Salamander)
adalah seni gastronomi dalam menyajikan hidangan dengan bagian atas yang dipanggang sebentar sehingga bagian atas hidangan tersebut menjadi gurih/renyah.

Guéridon
istilah untuk meja saji yang dapat didorong, dengan demikian pramusaji dapat menggunankanya di depan meja tamu pada waktu menghidangkan atau mempersiapkan makanan dan minuman yang dipesan.

Hors-d'oeuvre
istilah Bahasa Perancis untuk hidangan pembuka.

Juice
istilah untuk jus (saripati), misalnya jus de fruits (sari buah), jus de viande (gravy dari daging).

Marinating
istilah untuk penambahan rasa terhadap salad, sayuran, dan juga daging serta ikan, dengan menggunakan marinade atau dressing.

Menage
istilah untuk segala bumbu yang disiapkan di meja makan seperti garam, merica, cuka, minyak, saus tomat, mustard, tobasco, worchester sauce, dan lain-lain.

Menu
istilah untuk rancangan hidangan yang disajikan.

Mise en Place
istilah untuk persiapan atas segala jenis perlengkapan dan material penyajian hidangan, yang harus tersedia sebelum tamu berdatangan ke restoran.

Molton, Molleton
istilah untuk kain atau bahan lainya yang digunakan sebagai alas untuk kain taplak pada meja makan. Fungsinya adalah menghindari licin oleh kain taplak dan permukaan meja. Selain itu, juga untuk meredam suara dan menyerap benda cair yang jatuh pada saat makan.

Mousseux
istilah untuk pengolahan sparkling wine dan juga jenis sparkling wine yang tidak berasal dari champagne.

Napperon
istilah untuk serbet/kain lap yang digunakan untuk melapisi taplak meja.

Office
istilah untuk sebuah ruangan yang merupakan bagian dari penyajian (restoran) dimana disiapkan segala persiapan untuk penyajian serta digunakan pula sebagai penyimpanan beberapa peralatan penyajian tertentu.

Önologie
istilah Bahasa Jerman untuk pengetahuan mengenai pembuatan wine.

Paragon
istilah untuk sejenis bon yang memiliki satu atau dua rangkap.

Plateau
istilah untuk sebuah nampan besar yang digunakan untuk membawa hidangan dari dapur untuk diletakan di office atau di sideboard sebelum disajikan.

Platemaster
istilah untuk sebuah alat pemanas piring dan platter elektrik yang diletakan pada meja tamu atau pada Guéridon.

Raviers
istilah untuk susunan piring yang diletakan pada sebuah plateau pada meja dorong Hors'd-oeuvre, terutama digunakan untuk penghidangan makanan pembuka.

Rechaud
istilah untuk alat yang digunakan untuk menjaga agar hidangan makanan tetap panas.

Room Service
istilah untuk pelayanan hidangan yang disajikan di kamar hotel.

Rôti
istilah Bahasa Perancis untuk hidangan yang dipanggang, biasanya untuk hidangan daging dalam ukuran besar yang dipanggang (grill) keseluruhanya. Biasanya digunakan untuk hidangan utama.

Sauciere
istilah untuk wadah penyajian saus.

Set-up
istilah untuk pengaturan, pemasangan dan penutupan meja tamu dengan kain.

Sideboard
istilah untuk meja penyajian, baik yang dilengkapi dengan ornamen maupun yang polos.

Snack
istilah untuk makanan kecil.

Sommelier
istilah untuk pramusaji wine. Saat ini sommelier dapat menjadi profesi tersendiri. Dalam bahasa Inggris dinamakan Wine butler.

Souper (Supper)
istilah untuk hidangan makan yang dilakukan larut malam.

Storno
istilah untuk pembatalan sebuah pemesanan.

Sundrys
istilah untuk snack dan kue-kue kecil yang biasanya dihidangkan di bar.

Supplement
istilah untuk porsi hidangan penutup yang diberikan secara cuma-cuma.

Table-d'hôte-Service
istilah untuk penyajian hidangan yang disajikan untuk sekelompok tamu dengan setting menu hidangan yang sama. Merupakan bagian dari Banquet service yang terutama disajikan bagi tamu yang datang berombongan.

Tablett
istilah yang dikenakan untuk nampan saji.

Timbale
hidangan yang penyajiannya menggunakan pinggan dan penutup sebagai pendamping untuk Ragout, hidangan yang banyak menggunakan saus, sayur-sayuran dan pasta.

Tip
istilah untuk uang sisipan yang diberikan pada pramusaji atau personil penyajian lainnya atas pelayanan yang telah diberikan.

Tableware
istilah untuk perlengkapan yang harus senantiasa tersedia di atas meja tamu, seperti misalnya bunga, lilin dan tempatnya, botol garam dan merica, asbak atau nomor meja.

Trancher
istilah untuk jenis-jenis pemotongan daging dan unggas.

Tronc-System
istilah untuk pembagian uang tip.

Tumbler
istilah untuk sejenis gelas yang digunakan di bar dengan ciri bagian bawahnya tebal. Tersedia dalam bermacam-macam ukuran.

Vignette
istilah untuk logo atau penandaan nama hotel atau restoran yang diterakan pada bermacam-macam peralatan yang digunakan, seperti pada peralatan porselen, gelas, sendok-garpu, kain dan sebagainya.

Vinothek
istilah untuk tempat penyimpanan atau penjualan bermacam-macam jenis wine, dapat pula digunakan untuk toko khusus yang menjual wine. Dalam Bahasa Perancis ditulis 'Vinotheque' dan dalam Bahasa Italia ditulis 'Enoteca'.

Voiture
adalah segala jenis meja dorong yang digunakan untuk membawa hidangan dan bahan makanan (misalnya kue-kue, Hors-d'oeuvre dan keju). Dapat juga digunakan sebagai meja untuk membawa hidangan daging yang akan dipanaskan atau daging yang akan diproses untuk 'tranchieren'.

Voucher
istilah untuk kupon, misalnya kupon yang dapat digunakan untuk mendapatkan suatu penyajian hidangan.

----------
Sent via Nokia Email