Posts

Showing posts from January, 2013

Wow, Ada Hotel Terbuat dari Sampah

Image
(Foto: spotcoolstuff) SEMAKIN  banyak saja hotel-hotel aneh di penjuru dunia yang menarik wisatawan. Setelah hotel es, hotel garam, dan hotel jenazah, kini ada hotel sampah. Bagaimana keunikannya? Hotel ini terletak di Kota Roma, Italia, dengan nama Corona Save The Beach Hotel. Sampah-sampah yang digunakan untuk membangun hotel ini semuanya diambil dari Pantai Corona. Hotel ini memiliki dua tingkat dan lima buah kamar. Mainan tua, bungkus plastik, kotak kosong, baju bekas, kaleng rombeng, dan ban-ban tua sebanyak 13 ton digunakan untuk membangun hotel ini. Demikian dikutip  Spotcoolstuff,  Sabtu (28/1/2012). Corona Save The Beach Hotel sebenarnya dibangun bukanlah tanpa alasan, melainkan sebagai simbol untuk meningkatkan kesadaran mengenai kondisi pantai-pantai di Eropa yang penuh sampah. Sampah ini dipastikan sudah bebas kuman dan tidak berbau busuk, seperti sampah pada umumnya. Sayangnya, hotel ini tidak memiliki aliran listrik dan aliran air. Hotel unik ini menarik perhatian

Go Green! 4 Hotel Paling Ramah Lingkungan di Dunia

Image
Jakarta - Siapa sangka, saat berlibur ternyata traveler juga bisa ikut melestarikan lingkungan. Caranya, Anda bisa menginap di 4 hotel yang paling ramah lingkungan berikut ini. Yuk, go green! Munculnya bangunan baru untuk hotel di beberapa negara dikhawatirkan bakal merusak alam. Tapi, pernyataan tersebut tidak selamanya benar. Sebab ternyata ada 4 hotel yang paling ramah lingkungan di dunia, seperti yang dilihat detikTravel dari Tourism Review, Selasa (22/1/2013), berikut ini: 1. Hotel Eaton, Kowloon, Hong Kong Bagi Anda yang ingin menikmati suasana segar di tengah Kowloon, Hong Kong, maka Hotel Eaton bisa menjadi salah satu pilihan. Bermalam di hotel berbintang 4 ini, Anda seperti akan merasakan suasana tenang dan segar layaknya berlibur di pedesaan. Hotel Eaton berdiri dengan arsitekur modern minimalis. Di sekitar bangunan terdapat banyak tumbuhan hijau yang membuat suasana liburan para tamunya menjadi sangat nyaman. Udara segar bisa dengan mudah Anda rasakan di si

Mengintip Hotel Lego Pertama di Dunia

Image
Seluruh bangunan hotel terbuat dari 3 juta susunan mainanan Lego. California - Kalangan penggemar permainan Lego dari seluruh dunia nampaknya harus segera merubah daftar destinasi tujuan wisatanya untuk tahun ini.   Hal tersebut dikarenakan, pembangunan Hotel Lego pertama di dunia yang berlokasi di kawasan Legoland California, Amerika Serikat telah memasuki tahap penyelesaian. Seperti dilansir laman Relax , hotel yang seluruhnya terbuat dari mainan Lego itu, dibangun setinggi tiga lantai dengan kapasitas 250 kamar.  Jika ditotal, seluruh bangunan hotel ini menampilkan lebih dari 3.400 model Lego dengan sekitar 3 juta susunan Lego secara keseluruhan. Saat tamu akan memasuki komplek hotel, mereka langsung disambut oleh Lego berbentuk naga yang menjaga pintu akses masuk kedalam hotel. Untungnya, tempat tidur yang disediakan hotel menggunakan spring bed dengan busa yang sangat empuk dan nyaman serta ideal sebagai tempat liburan bersama keluarga. Enaknya lagi, para

Tahap-tahap Pelayanan Makanan

Di restoran, pada saat melayani makanan dan minuman harus sesuai dengan Standard Operational Procedure (SOP). Hal ini bertujuan untuk memudahkan pekerjaan karyawan. Selain itu, dapat menciptakan suasana yang akan membuat tamu menjadi nyaman dan mendapatkan apapun yang diinginkan. Berikut ini SOP general service yang harus dilakukan oleh semua bagian service baik di restoran ataupun hotel: 1. Greeting the guest ketika tamu memasuki restoran, hostess restaurant/restaurant receptionist menyambut tamu dengan ramah. Jangan lupa untuk selalu tersenyum. 2. Escorting and sitting the guest di tahap ini, bila tamu sudah memesan meja terlebih dahulu, maka tamu langsung diantar ke meja tersebut. Bila tamu belum memesan meja, maka tamu diantar ke meja yang mereka sukai. Jangan lupa untuk membantu menarik kursi ketika tamu akan duduk. 3. Pouring ice water setelah tamu duduk di meja yang telah dipesan atau di meja yang disukainya, waiters menuangkan air es ke water goblet. Proses ini dil

Pengertian Crumbing Down

Crumbing Down berarti membersihkan sisa-sisa makanan (crumbs) ataupun jenis kotoran yang lain diatas meja tamu pada saat pelayanan. Crumbing down dilaksanakan setelah piring hidangan pokok (maincourse) dan piring roti (B&B plate) diambil, serta sebelum hidangan penutup (dessert) disuguhkan. Alat-alat perlengkapan yang diperlukan untuk crumbing down adalah dessert plate dan service cloth. Berikut ini merupakan teknik melakukan crumbing down: 1. Lipatlah service cloth menyerupai bantal (pad), peganglah service cloth yang terlipat tersebut pada tangan kanan; 2. Peganglah dessert plate dengan tangan kiri; 3. Dekatilah tamu dari sebelah kirinya, mulai dari tamu putri/wanita dan lakukanlah berlawanan dengan arah jarum jam ke seluruh meja; 4. Pindahkan kotoran (crumbs) dari sebelah kiri; 5. Pindahkan dessert plate sejajar dengan permukaan meja; 6. Dengan mempergunakan tangan kanan yang dilengkapi dengan service cloth, pindahkan kotoran di atas meja ke dessert plate; 7. Pin

Cara Bicara dalam Menghadapi Tamu dan Kolega

Cara melayani pelanggan dan kolega adalah dengan ramah tamah dan sopan. Cara berbicara ketika menghadapi pelanggan dan kolega dapat kita rangkum sebagai beriku: 1. Ekspresi wajah ketika berbicara usahakan selalu menatap lawan bicara saat berbicara. 2. Berbicara dengan baik berbicara dengan baik diperlukan dalam kerja sama dengan pelanggan, karena: a. Berbicara merupakan alat untuk berkomunikasi; b. Cara berbicara merupakan cermin pribadi seseorang; dan c. Dengan berbicara kita dapat mempengaruhi orang lain. 3. Dalam berbicara, gunakanlah gerakan tubuh (bahasa tubuh) untuk membantu mengungkapkan apa yang ingin disampaikan. 4. Berbicaralah dengan jelas . Sesuaikan volume suara dengan kondisi waktu, tempat, dan inti pembicaraan. Jangan terlalu cepat atau lambat dalam berbicara. Nada suara harus sopan dan bersahabat. Source : Menerima dan Memproses Reservasi, Galaxy Puspa Mega. ---------- Sent via Nokia Email

Jenis-Jenis Alat Pembayaran

Image
Ada 4 macam atau jenis alat pembayaran yang umumnya diterima di hotel : 1. Uang Kontan (Cash) alat bayar ini berupa uang rupiah atau mata uang asing yang telah ditentukan oleh hotel, dengan nilai tukar yang juga sudah ditentukan pula oleh hotel tersebut. 2. Kartu Kredit (Credit Card) jenis kartu kredit yang bisa digunakan untuk pembayaran total ditentukan oleh hotel. Jadi tidak semua produk kartu kredit dari bank dapat digunakan disetiap hotel. Kartu kredit yang umumnya berlaku di hotel-hotel adalah Visa Card, Master Card, Amex Card, Dinner's Card, BCA Card, dan lain lain. 3. Surat Jaminan (Guarantee Letter) alat bayar ini merupakan surat jaminan yang dikeluarkan oleh suatu perusahaan atau instansi. Masa berlaku surat jaminan tergantung dari perusahaan atau bank penerbitnya. Oleh karena itu, pihak hotel perlu mempertimbangkan berapa lama tamu akan menginap dan menggunakan fasilitas hotel dengan nilai jaminan dari guarantee letter yang diberikan tamu. 4. Voucher a